TPS 3R Bantuan Provinsi Jatim, Siap Atasi Persoalan Sampah di Sampang

Saat Kepala Desa Labuhan mengecek, lokasi TPS 3R di Desa setempat.

Sampang,Bhirawa-
Status daerah kumuh menjadi tantangan tersendiri bagi Jawahir selaku kepala Desa Labuhan, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang. Di tahun pertamanya 10 bulan menjabat, ia mendorong untuk memiliki tempat pemilihan sampah sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan persoalan Sampah yang berada di Desanya. Jawahir Kepala Desa Labuhan,

” Kami selaku pemerintah Desa sadar betul terkait persoalan sampah yang berada di Desa kami, sebab penduduk kami cukup padat dan banyak yang bermata pencarian sebagai nelayan, sementara tempat penampungan sampah dan pengelolaanya kami belum memiliki, namun alhamdulillah tahun 2020 ini kami menerima bantuan pembangunan dan sudah selesai 100 persen, berupa Penyelenggaraan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) dari pemerintah Provinsi Jawa Timur, yang berdiri diatas tanah desa seluas (M2) :486.00, dengan anggaran Rp.600 juta. Kamis (19/11/20).

“TPS 3R Desa Labuhan dalam minggu ini informasinya akan dilakukan serah terima, dan kami sudah siap mengfungsikan dengan melibatkan masyarakat yang ada terkait pengelolaan sampah baik sampah organik dan sampah non organik.”terangnya.

Lanjut Jawahir, keberadaan TPS 3R ini akan menjadi salah satu solusi dalam penanganan sampah di Desa kami, sebab sebelumnya belum ada tempat khusus penampungan sampah warga, jika sudah ada fasilitas seperti ini secara bertahap kami akan bersama-sama warga untuk menjaga lingkungan Desa yang bersih dan bisa keluar dari status Desa kumuh.

“Selain pemilahan sampah, kami akan mengelola sampah agar bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat, mulai pengelolaan pupuk organik, bahan kerajinan, bahkan kami juga menyiapkan pembuatan batako dari limbah sampah yang ada”Tambahnya. (lis)

Tags: