TPS Hijaukan Pelabuhan dan Sumbang 300 Bibit Tanaman Toga untuk Warga

Aksi menanam pohon TPS

Surabaya, Bhirawa
Terminal Petikemas Surabaya (TPS) yang merupakan anak usaha Pelindo III, memperingati Hari menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatih pada seyiap 28 Nopember dengan serangkaian program penghijauan, yakni mulai dari penghijauan di area pelabuhan sampai dengan penghijauan di lingkungan kampung RW 3 Krembangan Selatan.

Mengawali kegiatan penghijuan bersama dengan Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, dan beberapa perusahaan serta instansi di wilayah Tanjung Perak dalam rangka peringatan hari Perhubungan di bulan September, TPS terus berkomitmen untuk melakukan kegiatan penghijauan untuk menjadikan lingkungan pelabuhan yang lebih hijau dan asri.

Pembenahan dan penanaman dilakukan di taman di depan Gate Domestik TPS seluas 30 m2, serta Taman di depan Tol Exit Tanjung Perak. Selain itu, TPS bersama warga RW 3 Krembangan Selatan menanam sebanyak 300 bibit toga di lingkungan kampung warga sejak akhir September 2020.

Tanaman toga ini berupa jahe merah, jahe emprit dan lengkuas, yang hasil panennya nanti akan diproduksi menjadi minuman herbal. Saat ini ibu-ibu warga RW 3 Krembangan sedang merintis Usaha Kecil Menengah (UKM) yang memproduksi minuman herbal dengan label “Wedang 9 (songo)”, karena ada 9 jenis rempah yang terkandung di dalamnya.[ma]

Tags: