Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 16 Persen

Direktur Sales Telkomsel, Ririn Widaryani, Acting CEO Telkomsel, Heri Supriadi, Direktur HCM Telkomsel, Irfan A Tachrir dan Direktur Network Telkomsel, Iskriono Windiarjanto serta manajemen Telkomsel saat melakukan pemantauan performansi layanan Telkomsel di seluruh Indonesia pada malam pergantian tahun di Jakarta.

Surabaya, Bhirawa
Sukses mengawal dan melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, trafik layanan data atau payload Telkomsel tercatat mencapai 23.9 petabyte atau meningkat sekitar 16 persen dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2019.Dibandingkan dengan periode Tahun Baru 2018/2019, trafik layanan data kali ini melonjak sekitar 39 persen.
Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengungkapkan Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Sumatera Utara dan Bali – Nusa Tenggara dengan peningkatan sekitar 24persen dan 23 persen dibandingkan hari normal, diikuti Papua – Maluku (23 persen) dan Jawa Tengah (21 persen).
“Tingginya peningkatan trafik layanan data antara lain dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang menggunakan layanan video streaming di smartphone atau komputer tablet saat pergantian tahun baru. Selain itu, pelanggan juga melakukan aktivitas momen ini melalui berbagai media sosial serta berkomunikasi melalui pesan instan yang mengalami peningkatan pada periode ini,” terangnya, Rabu (8/1).
Denny menambahkan adapun kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang memanfaatkan layanan data untuk aktivitas di media sosial yang mencapai sekitar 36 persen. “Pelanggan juga dengan menyaksikan film atau video secara streaming dengan kontribusi sekitar 26 persen. Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 17 persen terhadap penggunaan layanan data,” jelasnya.
Sementara untuk layanan suara dan SMS, dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan suara mengalami penurunan sekitar 3 persen menjadi 1.12 miliar menit, sedangkan trafik layanan SMS masih mengalami kenaikan sekitar 9 persen menjadi 595 juta SMS.
“Kami juga sudah memprediksi perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan, di mana layanan data masih mendominasi dibanding layanan suara dan SMS. Meskipun demikian, di pergantian tahun ini layanan SMS masih mengalami kenaikan dibanding hari biasa, sedangkan tidak ada kenaikan untuk layanan suara,” ujar Denny.
Untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang sudah rutin terjadi pada momen pergantian tahun, sejak jauh hari Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringan di seluruh Indonesia. Optimalisasi seluruh elemen jaringan Telkomsel meliputi penyediaan sebanyak 82 unit compact mobile base station (COMBAT) atau BTS mobile yang dikerahkan di point of interest (POI) dengan trafik komunikasi terpadat. Dengan begitu, penguatan jaringan dari Telkomsel mampu menjangkau 533 POI titik di seluruh Indonesia.[riq]

Tags: