Tumbuhkan Nasionalisme, Polres Malang Ajak Pengendara Nyanyikan Indonesia Raya

Personel Polisi Lalu Lintas Polres Malang bersama pengendara bermotor saat mengumandangkan lagu Indonesia Raya, di Simpang Empat Kota Kepanjen, Kec Kepanjen, Kab Malang. [cahyono/Bhirawa]

Kab Malang, Bhirawa
Jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke 76 Tahun, pada 17 Agustus 2021 mendatang, maka masyarakat di Kabupaten Malang diminta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Malang untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya, agar menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia. Sedangkan lagu Indonesia Raya dinyanyikan oleh masyarakat kabupaten setempat, pada Rabu (4/8), pukul 10.00 WIB, dimana mereka berada.

Sehingga tepat pada pukul tersebut, warga Kabupaten Malang dengan spontan menghentikan aktifitasnya serta mengambil sikap sempurna untuk mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Sedangkan pemandangan itu terlihat di Simpang Empat Kota Kepanjen, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Dan para pengendara bermotor turun dari sepeda motornya, lalu bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh personil Polisi Lalu Lintas dari Polres Malang yang menggunakan pengeras suara.

Dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya, kata Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono, Rabu (4/8), kepada sejumlah wartawan, masyarakat Kabupaten Malang yang saat itu mengendarai kendaraan bermotor kita minta berhenti sejenak untuk mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Dan para pengedara tersebut dengan antusias turun untuk ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya. “Ini untuk membuktikan jika masyarakat Kabupaten Malang telah memiliki rasa nasiomalisme terhadap bangsa Indonesia ini,” paparnya.

Ditegaskan, masyarakat Kabupaten Malang kita minta untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, hal ini juga sebagai bentuk perjuangan di masa Pandemi Covid-19 menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke 76. Karena dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, tentunya untuk membengkar semangat kepada masyarakat, agar tidak luntur untuk mencintai bangsa Indonesia. Apalagi sekarang bangsa kita berjuang untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Dulu para pejuang kemerdekaan bangsa ini untuk merebut Ibu Pertiwi dari para penjajah dengan mengobankan jiwa raga, kini kita semua berjuang untuk mengusir virus corona. Sebab, Covid-19 juga sudah banyak merenggut nyawa manusia, akibat terinveksi Covid-19,” jelas Bagoes.

Dalam kesempatan itu, mantan Kapolres Madiun ini menghimbau  kepada seluruh masyarakat dan jajarannya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam upaya menekan penyebaran Covid-19. Sehingga jangan lengah, jadikan HUT RI ini momentum kebersamaan memerangi Covid-19 dengan menaati prokes. Sebab, untuk berperang melawan Covid-19, senjata kita adalah harus menjalankan prokes.

“Lain di masa penjajahan kala itu, para pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia melawan penjajah dengan senjata, serta nyawa jadi taruhannya. Dan saat ini, kita berperang melawan Covid-19, untuk itu kita harus bersama-sama melawan virus corona dengan mematuhi prokes dan mengikuti vaksinasi,” pungkas Bagoes. [cyn]

Tags: