Tunjangan Macet 5 Bulan, Perangkat Desa Demo

14-demo-perangkat-desaSitubondo, Bhirawa
Gara-gara dana tunjangan tak kunjung cair, ratusan perangkat desa se-Kabupaten Situbondo melakukan aksi demo ke Kantor Pemkab Situbondo, Selasa (13/5). Aksi turun ke jalan ini mendapat penjagaan ketat dari aparat kepolisian. Setelah berangkat dari kawasan Jalan Raya Panji, ratusan perangkat desa melanjutkan aksi demo ke halaman Pemkab Situbondo di Jalan PB Sudirman No I dan berlanjut ke Gedung DPRD Situbondo.
Karena Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto sedang dinas di luar kantor, para pendemo diterima Sekda Syaifulah dengan didampingi  sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Situbondo. Di antaranya, Kepala DPKD Tri Cahya Setianingsih, Kepala Inspektorat Bambang Prianto, Asisten I Suradji, Kepala Bakesbangpol-Linmas, Herry Suryanto, Kepala Bagian Pemerintahan dan Kabag Humas serta Kasat Intel Polres berikut jajarannya.
Dalam pertemuan itu para perangkat desa mendesak kepada Pemkab Situbondo agar segera memberikan kepastian kapan tunjangan perangkat desa bisa cair. Pasalnya, selama lima bulan ini perangkat desa di kabupaten ini kesulitan karena tunjangan dari pemkab setempat macet. “Saya mintanya simpel saja dan tidak berbelit-belit. Tolong tunjangan kades dan perangkat desa segera dicairkan, sudah lima bulan kami tak terima tunjangan,” kata Ismaun, salah satu perangkat desa.
Selain tunjangan dicairkan, lanjut Ismaun, tunjangan Kades dan perangkat desa agar disesuaikan dengan UMK Situbondo serta ada kenaikan upah untuk  operasional penarikan PBB. Selain itu Kades dan perangkat desa mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah. “Di Bondowoso saja Kades dan perangkat desa ada jaminan kesehatan sebesar Rp 3 Juta. Sedangkan di Situbondo tidak ada,” jelasnya.
Kepada para perangkat desa, Sekda Syaifulah mengatakan, tunjangan perangkat desa bisa dicairkan tiap bulan asal ada pengajuan dengan dasar ditetapkannya APBD pada November dan APBDes dituntaskan pada Desember atau Januari, setiap tahunnya. “Keinginan para perangkat desa akan kita tampung dan formulanya nanti seperti apa akan kita rumuskan. Yang jelas, nanti kita akan bahas dan kita kaji lagi. Terus terang saya sangat mendukung aspirasi saudara-saudara semuanya,” papar mantan Kepala Bappeda Kab Situbondo ini. [awi]

Tags: