Tunjangan Penambahan Penghasilan PNS Pemkab Tulungagung Naik Rp128 M

Kamsiah

Tulungagung, Bhirawa
Anggaran untuk tunjangan penambahan penghasilan (TPP) PNS di lingup Pemkab Tulungagung pada tahun 2020 ini bertambah Rp 3 miliar. Dari sebelumnya yang hanya Rp 125 miliar kini membengkak menjadi Rp 128 miliar.
Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Tulungagung, Kamsiah, Selasa (4/2), mengungkapkan kenaikan anggaran TPP tersebut karena beberapa hal. “Salah satunya karena ada penambahan PNS yang kemarin masih jadi CPNS. Kemudian juga ada kenaikan kelas jabatan PNS. Yang dulu di kelas delapan sekarang kelas sembilan,” ujarnya.
Selain itu, lanjut dia, pemberian TPP pada PNS di lingkup Pemkab Tulungagung saat ini berpedoman pada aturan baru. Yakni, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 6 Tahun 2019 tentang Tambahan Tunjangan Penghasilan ASN.
“Jadi tidak lagi menggunakan aturan yang digunakan pada tahun 2019, tetapi sudah menggunakan aturan baru Permendagri Nomor 6 Tahun 2019 untuk tahun 2020 ini,” tuturnya.
Lebihlanjut mantan Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan SDA Kabupaten Tulungagung ini menyatakan, pemberian TPP menurut aturan baru tersebut harus mendapat persetujuan dari Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri dan kriterianya tidak boleh melebihi pagu tahun 2019.
“Boleh melebihi asal sesuai amanat Permendagri. Seperti PNS di Inspektorat. Mereka TPP-nya lebih tinggi dari PNS di OPD lain karena memang amanat Permendagri dan harus diakomodir,” paparnya.
Soal keresahan PNS di lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Tulungagung yang kabarnya akan mengalami penurunan besaran TPP, Kamsiah menandaskan saat ini tidak ada lagi pengklasifikasian level dalam pemberian TPP. Artinya, tidak seperti pada tahun lalu, dimana PNS di Sekretariat Daerah Kabupaten Tulungagung berada di level satu melebihi sebagain besar OPD lainnya yang berada di level dua bahkan lima.
“Tahun 2020 ini tidak ada level-levenl lagi. Pemberian TPP pada PNS di jabatan kasubag di Sekretariat Daerah sama dengan OPD lainnya. Tidak lagi yang di Sekretariat Daerah lebih besar. Jadi semua sama sesuai kelasnya,” paparnya lagi.
Namun demikian, Kamsiah juga membeberkan dengan atura baru bakal ada kenaikan besaran TPP bagi PNS di lingkup Pemkab Tulungagung . Yang membedakan besarannya karena di antaranya kondisi kerja, prestasi kerja dan beban kerja. “Insya Allah naik semua. Tetapi kami tidak tahu pasti berapanya,” ucapnya. (wed)

Tags: