UMKM Kota Surabaya Jangan Takut Bersaing dengan Negara Lain

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI, Septriana Tangkary didampingi Governor EAST JAVA International Council for Small Business (ICSB), Mufid Wahyudi saat meninjau salah satu stand UMKM di kegiatan UMKM Scale Up!: Potensi Lokal, Raih Pasar Global yang digelar di Spazio Hall, Surabaya, Rabu (8/5). [Achmad tauriq/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
Jangan hanya berani bersaing dengan para pedangan di dalam negeri, akan tetapi harus berani bersaing dengan pedagang dari negara lain. Hal ini diungkapkan Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI, Septriana Tangkary SE., MM dalam kegiatan ‘UMKM Scale Up!: Potensi Lokal, Raih Pasar Global’ di Surabaya.
Untuk mendorong itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan International Council for Small Business (ICSB) mengumpulan 300 UMKM untuk mensosialisasikan gerakan ‘Ayo UMKM Jualan Online’.
“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendidik dan mendorong masyarakat untuk memaksimalkan marketplace dalam transaksi dagang (E-Commerce) serta pengembangan industri melalui jualan online dengan skala global selain itu untuk mensosialisasikan gerakan ‘Ayo UMKM Jualan Online’,” terangnya, Kamis (10/5).
Septriana berharap para UMKM di Jatim khususnya Surabaya harus berani naik kelas jangan hanya berjualan di dalam negeri saja. “Ayo jangan malu dan jangan ragu, karena produk dari dalam negeri kita tidak kalah dengan produk luar negeri. Hanya saja para UMKM kita masih belum bisa memberikan label di produknya berupa Made in Indonesia, dari itulah banyak produk dari UMKM Indonesia yang dibeli oleh pedagang luar negeri dan diberi label sendiri oleh mereka,” jelasnya.
Namun kesemuanya itu juga dibutuhkan suatu keguyuban antar instansi pemerintah baik dari Dinas Perindustrian dan perdagangan dan lainnya untuk mengangkat para UMKM Indonesia bisa bersaing dengan UMKM negara lain.
Dari segi infrastruktur Kemkominfo meningkatkan akses internet ke seluruh Indonesia, dari yang di daerah tadinya hanya bisa SMS saja sekarang bisa menggunakan layanan internet. Proyek Palapa Ring sudah sampai ke Indonesia bagian Timur.
Untuk itu edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pemanfaatan E-Commerce sangat penting. Dengan begitu, kualitas dan daya saing para pelaku UMKM Indonesia akan terus meningkat. Governor EAST JAVA International Council for Small Business (ICSB), Mufid Wahyudi, Dipl. Adv., BA., CPBC mengatakan pihaknya akan memberikan edukasi kepada UMKM untuk mengembangkan bisnis melalui online hingga pendampingan secara serius. “Kami akan memberikan pendampingan terhadap UMKM secara teknis,” ujarnya.
Bahkan produk-produk UMKM ini akan mampu untuk menembus pasar ekspor, namun perlu dilakukan pembenahan secara serius. “Kalau ekspor banyak persyaratan yang perlu diperhatikan, mulai persyaratan legal hingga pada kualitas produknya,” pungkasnya. [riq]

Tags: