UMSurabaya Buka Pendaftaran FK dengan Nilai UTBK-SBMPTN

Fakultas Kedokteran UMSurabaya membuka kesempatan pendaftaran dengan menggunakan nilai UTBK-SBMPTN

Surabaya, Bhirawa
Pengumuman SBMPTN 2022 resmi dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Kamis (23/6) sore. Bagi para pendaftar yang tidak lolos, beberapa perguruan tinggi swasta memberikan kesempatan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat untuk mendaftar.
Kesempatan itu, salah satunya di berikan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya).
Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Inovasi dan Sumber Daya Manusia, Ma’ruf Sya’ban, menjelaskan kebijakan ujian masuk menggunakan nilai UTBK sudah berjalan sejak empat tahun terakhir. Ini dilakukan sebagai upaya memudahkan para pendaftar dalam proses pendaftaran.
“Tes UTBK tentunya sangat akurat dan kredibel sehingga layak untuk mengukur kemampuan awal calon mahasiswa,” ujarnya, Kamis (23/6).
Nah, nilai UTBK ini bisa digunakan untuk proses pendaftaran pada prodi kedokteran di UM Surabaya.
Ditambahkan Kepala Lembaga Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB), Radius Setiyawan, ada 100 kursi yang disediakan untuk FK UMSurabaya. Untuk pendaftaran tersebut, ada 3 jalur yang disediakan. Yakni Seleksi bersama masuk perguruan tinggi Muhammadiyah (SBMPTMu) dengan kuota 5-10 persen, Reguler dan Nilai UTBK.
Untuk jalur nilai UTBK, Radius menjelaskan, teknis alur pendaftarannya tidak jauh berbeda dengan jalur regular. Hanya saja, pendaftar jalur UTBK dibebaskan dari seleksi Computer Based Test (CBT) apabila skor UTBK-nya sesuai dengan standard yang telah ditentukan.
“Pendaftar dapat menggunakan skor nilai UTBK dua tahun tahun terkahir 2021 dan 2022. Setelah melakukan pendaftaran online, pendaftar menyerahkan sertifikat skor UTBK, apabila dinyatakan lulus, pendaftar bisa langsung mengikuti serangkaian tes lanjutan.” jelas Radius.
Adapun tahapan lanjutannya, meliputi uji kesehatan, psikologi, MMPI dan wawancara.
Terkait jadwal pendaftaran, lanjut Radius khusus jalur UTBK bagi prodi kedokteran dibuka hingga 30 Juni 2022 dan diumumkan pada 1 Juli mendatang dan pogram ini sewaktu-waktu bisa ditutup apabila kuota terpenuhi.
Sementara itu, untuk besaran biaya formulir Fakultas Kedokteran (FK) UM Surabaya sebesar 500.000. Info selengkapnya pendaftar bisa mengakses website resmi um-surabaya.ac.id dan bisa berkonsultasi di nomor 085852446337 (WA/Telepon).
Hal yang sama juga dilakukan Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra (UC). Dijelaskan tim PMB Ignasius Ferry, nilai UTBK pada pendaftaran Kedokteran di (UC) hanya menggantikan tes TPA dan tes IPA. Sementara untuk psikotes dan interview masih harus diikuti para pendaftar.
Lebih lanjut, untuk penerimaan pada FK ini, UC menyediakan dua kategorim yakni jalur reguler dan jalur beasiswa. Pendaftar bisa membeli formulir pada FK UC ini sebesar Rp. 350.000.
“Saat ini sudah 500an pendaftar FK. Karena pendaftaran sudah kami buka 1 tahun sebelumnya jadi untuk pendaftaran 2022 ini kami sudah buka dari Juli 2021 hingga nanti agustus 2022,” terangnya.
FK UC sendiri memyediakan 100 kuota untuk mahasiswa baru tahun ini. [ina.bb]

Tags: