UN SD Berbasis Komputer Tunggu Informasi Pusat

Bojonegoro, Bhirawa
Wacana Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2019-2020 bagi siswa Sekolah Dasar (SD) di Bojonegoro atau dikenal istilah dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat.
Menanggapi hal itu, Kabid SD, Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro melalui Kasi Kurikulum, Bambang Agus Riyanto, Selasa (14/1) kemarin mengatakan, UN SD berbasis komputer di Bojonegoro masih belum bisa terlaksana tahun 2020 ini. Pasalnya, hingga kini belum ada informasi dari Kementerian Pendidikan terkait pelaksanaan UN SD itu berbasis Komputer atau android.
“Sehingga dipastikan, UN SD tahun ini nanti masih berbasis Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP),” jelasnya.
Menurut Riyanto, kalaupun UN SD berbasis komputer atau android, pastinya sudah sosialisasi dari pusat, terkait UN nanti, meski begitu pihaknya masih terus melakukan koordinasi tentang kejelasan pelaksanaan UN SD mendatang.
Riyanto juga menjelaskan, awalnya wacana pelaksanaan UN SD berbasis komputer itu dilaksanakan dengan memanfaatkan sarana dan prasarana komputer milik SD maupun SMP. ”Kini pihak Disdik Bojonegoro pun juga melakukan pemetakan SD yang siap melaksanakan UN itu,” pungkasnya.
Untuk pelaksanaan UN dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) menurut jadwal bakal dilaksanakan pada akhir April mendatang, dan akan diikuti sebanyak 18.329 siswa. Saat ini persiapan UN SD terus dilakukan oleh masing-masing sekolah. [bas]

Tags: