Unej dan IAIN Jember Terbitkan Edaran Penangguhan Perjalanan ke LN

Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna

Jember, Bhirawa
Dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Jember menerbitkan Surat Edaran (SE) resmi berisi himbauan kepada civitas, dosen dan mahasiswa untuk menunda perjalanan ke Luar Negeri (LN). Hal ini untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19). Kedua PT ini yakni Universitas Jember dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Rektor Universitas Jember (Unej) mengeluarkan SE tertanggal 3 Maret ini disebarkan kepada sivitas akademika Unej. Melalui SE ini rektor mengimbau agar perjalan ke LN utamanya Negara – negara terdampak Covid-19 ditangguhkan.
“Yang baru saja melakukan perjalanan ke LN harap membatasi interaksi dengan civitas Unej, selama 14 hari sejak kepulangannya ke Indonesia,” kata Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna kemarin.
Negara yang dimaksud yakni, Negara Tiongkok, Korea, Jepang, Singapura, Australia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Kamboja, India, Nepal, Sri Lanka, Amerika Serikat, Kanada, Italia, Jerman, Perancis, dan Mesir.
Pihak Universitas, melalui Fakultas Kedokteran juga menyediakan pojok info Covid-19. Unej juga akan menyediakan fasilitas cuci tangan menggunakan sabun di setiap ruangan atau tempat – tempat strategis.

Rektor IAIN Jember, Babun Suharto

“Jangan lupa tetap menjaga perilaku hidup sehat, dengan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan sehat, dan berolahraga secara rutin,” himbaunya.
Himbauan yang sama juga disampaikan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. ”SE sudah dikeluarkan pada 3 Maret 2020 lalu. Semoga ini bisa meminimalisir penyebaran. Selain itu warga kampus juga diimbau bijak dan tidak panik berlebihan,” ujar Babun Suharto, Rektor IAIN Jember, kemarin.
Kampus yang akan beralih status menjadi UIN itu juga mengimbau seluruh warganya untuk menyediakan sabun dan antiseptic di seluruh toilet yang ada di kampus. Warga kampus juga diimbau untuk memperhatikan etika batuk dan bersin. [efi]

Tags: