Unitomo Bangun Sinergitas dengan Praktisi Usaha

Rektor Unitomo, Bachrul Amiq didampingi Meithiana Indrasari, Wakil Rektor IV Bidang Promosi dan Kerja Sama tandatangani MoU dengan DUDI di ruang Proklamasi, Rabu (7/4) kemarin.

Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneur Global
Surabaya, Bhirawa
Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Unitomo juga menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan UKM Mendunia Foundation, PT Gunung Mas Samudra (GMS) dan KAHAGO.
“Kampus kami membawa nama Dr Soetomo yang syarat dengan kemandirian, maka melalui kegiatan ini mampu menjadi awal menghantarkan mahasiswa untuk menjadi entrepreneur berkualitas global. Jadi, kami mengharap ke depan kegiatan ini menjadi working MoU dengan segudang implementasinya,” ujar Rektor Unitomo, Bachrul Amiq.
Kegiatan yang diikuti sekitar 20 peserta ini juga mendatangkan Founder UKM Mendunia Foundation dan Direktur PT GMS, Iko Sukma Handriyanto, serta Founder dan CEO KAHAGO, Ahmad Aldjufri.
Founder UKM Mendunia Foundation dan Ditektur PT GMS, Iko Sukma Handriyanto, mengungkapkan, MoU yang dilakukan tidak hanya sekedar selebrasi namun harus konkret bisa diimplementasikan.
“Harapannya bisa bersama – sama bersinergi antara akademisi dan praktisi. Hal ini akan menciptakan mahasiswa menjadi entrepreneur yang mendunia, selagi bisa mendunia kenapa hanya lokal jangkauan usahanya,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Founder dan CEO KAHAGO, Ahmad Aldjufri menegaskan, pengalaman kaum milenial saat ini dan ilmu untuk menjual di teori masih belum mendalam. Sehingga market kewirausahaan dan pengembangan secara online masih perlu diarahkan.
“Melihat kondisi saat ini, akses para milenial begitu mudahnya mendapat informasi, harusnya ini menjadi nilai plus. Namun, yang menjadi kendala mereka hanya kuat di keinginan tapi masih kurang untuk mengeksekusi,” jelasnya.
Sementara, Meithiana Indrasari, Wakil Rektor IV Bidang Promosi dan Kerja Sama menjelas, dalam FGD bertajuk ‘Peluang dan Tantangan UMKM Era Digital’ akan menambah khasanah keilmuan dari para praktisi yang ditularkan ke kalangan akademisi.
“Ini kesempatan yang bagus untuk bersinergi dan menimba ilmu dari praktisi dengan segudang pengalamannya,” tandas Doktor Bidang Manajemen ini. [ina]

Tags: