UNS Kembangkan PSDKU Level D3, D4, S1 dan S2 di Kabupaten Madiun

Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami (kanan) tampak menyambut Wakil Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Ahmad Yunus bidang akademik dengan tim sekolah vokasi UNS di Pendopo Ronggo Djoemeno, Kamis (30/1). [sudarno]

Kabupaten Madiun, Bhirawa
Selama ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerjasama Kabupaten Madiun dengan mendirikan pendidikan Akademi Komunitas Kabupaten Madiun Program Diploma Dua (PDD) – UNS di Caruban Kabupaten Madiun. Yakni Diploma Teknik Informatika, Diploma Tekno hasil pertanian dan teknik mesin, di tahun 2019 kemarin mendapatkan akreditasi BANPT dan sudah terakreditasi.
“Karena itu, kerjasama UNS akan terus berjalan dan berkeinginan serta niat untuk mengembangkan program studi diluar kampus UNS (PSDKU) baik dari level D3, D4, S1 bahkan sampai S2,”kata Wakil Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Ahmad Yunus bidang akademik dengan tim sekolah vokasi UNS saat menemui Bupati Madiun H. Ahmad Dawami di Pendopo Ronggo Djoemeno, Kamis (30/1).
Menurut Wakil Rektor UNS itu, pertemuan ini merupakan upaya yang sangat penting, karena sudah keputusan bersama Bapak Rektor UNS untuk mengembangkan PSDKU di Kabupaten Madiun, mengingat sudah adanya kerjasama UNS dengan Kabupaten Madiun untuk mengembangkan pendidikan di wilayah Kabupaten Madiun. “Selain itu, karena letak Kabupaten Madiun yang strategis di tengah-tengahnya Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah,”ungkap Ahmad Yunus Wakil Rektor Bidang Pendidikan UNS.
Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami menyatakan, pentingnya pendidikan untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan serta meningkatkan SDM di Kabupaten Madiun, sehingga Kerjasama ini harus di kembangkan. Beliau ingin nama Akademi Komunitas Negeri Kabupaten Madiun ini di ganti dengan Nama Kampus 2 UNS. “Ini karena agar merubah stigma masyarakat akan ragu untuk mendaftar,”ungkap bupati Ahmad Dawami.
Dijelaskan, Pemerintah Kabupaten Madiun siap bekerjasama dengan UNS, namun dalam kerjasama ini jangan separo-separo. Kalau bisa nama Akademi Komunitas Kabupaten Madiun ini diganti nama Kampus 2 UNS. Ini untuk merubah stigma masyarakat agar tidak ragu dan selain itu program pendidikan / jurusan yang sekarang juga harus ditambah. Untuk menyesuaikan kebutuhan tenaga kerja yang ada di Kabupaten Madiun kedepan. “Mengingat akan banyak industri perusahaan yang akan berdiri di kabupaten madiun,” jelas Bupati Madiun.
“Yang jelas, kesiapan Pemerintah Kabupaten Madiun ini tidak hanya tempat yang sudah disiapkan, namun akses dan keamanan kampus juga harus kita pikirkan. Kita siap membuat ramai wilayah kampus, namun satu, UNS juga harus bisa mengganti nama Akademi Komunitas Kabupaten Madiun berganti nama Kampus 2 UNS,” tegas bupati. [dar]

Tags: