Unusa Yudisium 275 PPG-SD

Rektor Unusa Prof Jazidie dalam Yudisium PPG-SD dalam Jabatan.

Diharapkan Bantu Pemerataan Guru Berkualitas
Surabaya, Bhirawa
Pemerintah menggagas Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Upaya ini untuk mendongkrak profesionalitas guru dalam mengajar. Pemerintah juga menggandeng Perguruan Tinggi (PT) yang memiliki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, sarana dan prasarana yang mumpuni dan dosen profesional untuk menjalankan program ini.
Diantaranya Universitas Nahdlatul Ulama (Unusa) Surabaya sebagia penyelenggara PPG Dalam Jabatan tahap I hingga V. Sebanyak 275 Peserta PPG Guru Sekolah Dasar (SD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unusa telah melakukan yudisium, pada Sabtu (1/2) lalu. Harapannya, para peserta dapat meningkatkan kualitas pendidikan di daerah pelosok melalui pemerataan guru.
“Pemerataan guru melalui lulusan peserta PPG sangat bagus, karena berimplikasi pada meratanya kualitas pendidikan di setiap daerah. Sebagai pelaksana pendidikan, guru memegang peranan penting untuk mencerdaskan dan mengantarkan anak bangsa menyongsong masa depan yang cerah,” ungkap Rektor Unusa, Prof Jazidie.
Dalam melaksanakan peran ini profesionalisme menjadi syarat utama yang dibutuhkan. Seorang guru dapat dikatakan profesional jika dia memenuhi kualifikasi, serta kompetensi sesuai standar. Karena kompetensi guru merupakan modal utama untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Guru yang berkompeten mampu menyampaikan pembelajaran yang bermutu, dan selalu berupaya menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan memanfaatkan segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sumber belajar, serta meminimalisir keterbatasan dan hambatan.
“Mengingat pentingnya guru dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, maka guru perlu dipersiapkan untuk menjadi guru yang profesional, diantaranya melalui PPG Prajabatan,” tambahnya.
Salah satu peserta Yudisium PPG Dalam Jabatan Guru Sekolah Dasar (SD) FKIP UNUSA, Stefanus Jedaut SPd Gr mengungkapkan, dalam rangka mendukung pembangunan bangsa melalui pendidikan, guru mengambil peran yang sangat vital. Guru berperan penting dalam penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan, melalui kegiatan belajar mengajar dan pegembangan keilmuan. Untuk mewujudkan itu, salah satu langkah awal dengan adanya PPG. Banyak ilmu yang di dapatkan dalam Proses PPG ini.
“Unusa sebagai penyelenggara PPG Dalam Jabatan Guru SD sangat memberikan wawasan baru, bagaimana cara mengajar, mendidik, hingga memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT). Di PPG ini kami diajarkan bagaimana ICT memegang peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran, terlebih saat ini zamannya serba digital teknologi,” ungkapnya guru SDN Rampasasa, Kecamatan Wae Rii, Kabupaten. Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini. [ina]

Rate this article!
Unusa Yudisium 275 PPG-SD,5 / 5 ( 1votes )
Tags: