UPT RSBN Dinsos Jatim Buka Pendaftaran 105 Calon Klien/PM

Pemprov Jatim, Bhirawa
Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur di Malang kini tengah membuka pendaftaran sebanyak 105 calon klien atau penerima manfaat (PM) yang dilaksanakan pada bulan Januari 2022.

“Meskipun kuotanya 105 calon klien/PM, namun kami masih terbuka bagi yang ingin masuk sebagai calon klien/PM. Apalagi masuknya tanpa ada pungutan biaya,” kata Kepala Dinsos Jatim melalui Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, kemarin.

UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra Malang yang bertugas memberikan layanan rehabilitasi sosial tingkat dasar meliputi Bimbingan Sosial, Bimbingan Ketrampilan, Bimbingan Mental Spiritual, Bimbingan Fisik dan Bimbingan Rekreatif Edukatif bagi Disabilitas Netra agar mampu berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

Beberapa program ketrampilan antara lain pemberian pelatihan ketrampilan memijat (massage, shiatsu, dan refleksi), pembuatan keset, telur asin, laundry sepatu dan juga ketrampilan batik. Selain itu, rutin juga diberikan kegiatan pendalaman agama.

Tak kalah pentingnya, pengecekan kesehatan secara berkala dan pemenuhan kebutuhan dasar. Kegiatan rekreasi yang bersifat edukatif juga diberikan untuk menunjang kemandirian Disabilitas Netra. Untuk kegiatan dan program Bimbingan dilaksanakan selama 2 tahun.

Untuk kriteria calon PM, lanjut Firdaus, disabilitas netra tidak memiliki disabilitas ganda, tidak menderita penyakit menular dan sedang menyandang penyakit kronis atau sedang menjalani perawatan medis.

Kemudian, berusia produktif, diutamakan yang berusia antara 17- 50 Tahun (masih layak didik dan mampu latih), diputuskan melalui tim seleksi calon PM/tim pembahasan kasus UPT RSBN Malang terlebih dahulu.

Untuk administrasi dengan menyerahkan surat pengantar dari Dinas Sosial setempat, fotocopy KTP dan KK calon PM beserta keluarga, Pas foto berwarna ukuran 4×6 Cm sebanyak 2 lembar, membawa Surat Keterangan Sehat, membawa surat rujukan dari faskes (apabila sedang dalam masa pengobatan)

Kelengkapan administrasi lainnya dengan membawa surat keterangan hasil pemeriksaan Swab Antigen Covid-19 yang dinyatakan Negatif, mengisi Blanko Seleksi yang disediakan, Surat pernyataan dari orang tua/wali tentang kesanggupan menerima kembali PM setelah lulus atau dikembalikan karena melanggar tata tertib, bagi calon PM yang belum berkeluarga maka mengisi surat pernyataan untuk tidak menikah selama mengikuti rehabilitasi.

Sementara bagi calon PM yang sudah berkeluarga, maka mengisi surat ijin suami/isteri, data tentang diri calon PM dan keluarga yang diisi oleh Dinas Sosial, LKS, panti sosial, masyarakat atau penyelenggara rehabilitasi lainnya.

“Sanggup mentaati tata tertib dan peraturan yang ditetapkan oleh UPT RSBN Malang, dan bagi calon PM penyerahan dirinya atau diserahkan oleh pihak lain (Polisi, Masyarakat) persyaratannya dapat dipenuhi kemudian,” katanya. [rac.dre]

Tags: