Urgensi Vaksinasi Anak Sebelum Sekolah

foto ilustrasi

Sejumlah sekolah saat ini, telah memulai pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas sesuai arahan pemerintah. Pasalnya, PTM dinilai pemerintah lebih efektif dalam menjaga kualitas pendidikan, serta dapat menghindarkan peserta didik dari dampak sosial negatif, seperti putus sekolah dan penurunan capaian belajar. Namun, mengingat pandemi covid-19 ini belum juga berlalu, pelaksanaan PTM inipun terus mendapat perhatian semua pihak, sebab keselematan siswa atau peserta pendidik dan tenaga kependidikan adalah hal yang sangat penting.

Berangkat dari realitas itulah, menjadi logis adanya jika berbagai upaya untuk melakukan perlindungan kepada insan peserta didik dan tenaga pendidik tersebut, perlu mendapat perhatian dari pemerintah. Salah satunya, adalah melalui upaya ikhtiar pemberian vaksinasi bagi insan pendidikan. Berdasarkan data per 5 Agustus 2021, tercatat 2,7 juta remaja yang sudah divaksin dosis pertama. Angka ini baru mencapai 10,38% dari total sasaran vaksinasi remaja sebanyak 26,7 juta orang. Di sisi lain, jumlah remaja yang sudah menerima vaksin lengkap hingga dosis kedua baru mencapai 1,9 juta atau setara 7,16% dari total sasaran vaksinasi, (Kompas, 7/9/2021).

Merujuk data tersebut, terlihat bahwa kesadaran vaksinasi bagi anak masihlah rendah. Sehingga, Surat Edaran Kemenkes nomor HK.02.02/I/1727/2021 haruslah menjadi dasar pemberian vaksinasi pada anak. Selebihnya perlu ada sosialisasi yang masif dari pihak sekolah dan orang tua murid. Terlebih kelompok anak dan remaja ini memiliki mobilitas dan kemungkinan berkerumun yang besar. Pelaksanaan vaksinasi untuk anak membutuhkan kesadaran kolektif semua pihak.

Itu artinya, perlindungan kesehatan insan pendidikan khususnya peserta didik, bukanlah hanya menjadi tanggung-jawab sekolah. Perlu ada sinergisitas antara pemerintah, pengurus sekolah, orang tua siswa dan siswa itu sendiri. Terlebih, anak atau pelajar juga memiliki hak untuk mengakses vaksin Covid-19 sebagai generasi penerus bangsa. Selain itu, vaksinasi anak saat ini juga sebagai bentuk persiapan PTM guna membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) dan sekaligus agar pelaksanaan PTM terbatas dapat berlangsung dengan lancar dan aman.

Masyhud
Pengajar FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

Tags: