Usai Lebaran, Pembangunan Gedung Baru di Perkantoran Raci Rp22,5 M Dimulai

Tampak gedung perkantoran Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan tahun ini bakal bertambah, Kamis (22/4). Pemkab Pasuruan menyiapkan anggaran Rp 22,5 miliar untuk pembangunan gedung baru di perkantoran raci.

Pasuruan, Bhirawa
Pemkab Pasuruan siap membangun gedung diperkantoran Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Gedung baru tiga lantai itu nilainya Rp 22,5 miliar dari anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pasuruan tahun 2021.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan, Hari Aprianto menyampaikan gedung baru itu akan dikerjakan Mei 2021. Saat ini tinggal proses penetapan pemenang lelang.

“Tinggal proses penetapan pemenang lelang. Nilainya Rp 22, 5 miliar,” ujar Hari Aprianto, Kamis (22/4).

Sekadar diketahui, pemerintah pusat menyetujui pusat pemerintahan Kabupaten Pasuruan di wilayah Bangil. Hal itu usai Bangil, ditetapkan sebagai ibu kota baru Kabupaten Pasuruan

Sejauh ini, sejumlah gedung OPD sudah dibangun. Namun, belum seluruh kantor pindah ke Bangil. Sampai saat ini ada delapan gedung yang sudah terbangun di kompleks perkantoran Raci.

Sedikitnya ada, 18 OPD sudah berkantor di sana. Mulai dari Satpol PP, PU Bina Marga, Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dispendukcapil, Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang, Diskominfo, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian dan lainnya.

Sebenarnya, gedung baru ini senilai Rp 22,5 miliar direalisasikan pada 2020. Namun, rencana gagal karena terimbas refocusing anggaran. Baru tahun ini program bisa dijalankan. Nantinya gedung baru tiga lantai itu akan dipakai untuk tiga OPD.

Menurut Hari, pihaknya memastikan gedung megah itu rampung sesuai dengan waktunya. Pengerjaan fisik dilakanakan pada bulan Mei hingga November 2021.

“Pengerjaannya dimulai pada Mei sampai November. Harapan kami, usai Lebaran bisa eksen langsung. Sehingga pengerjaannya selesai akhir tahun,” kata Hari Aprianto. [hil]

Tags: