Usai Lebaran, Warga Luar Daerah Serbu Sidoarjo

Rudi Setyawan. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Sejumlah kecamatan di wilayah Kab Sidoarjo, setelah Lebaran menurut catatan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab Sidoarjo, banyak diserbu dari warga luar daerah, untuk tinggal di Sidoarjo. Wilayah kecamatan yang termasuk favorit diantaranya seperti Kec SidoarjoKota, Krian, Taman, Waru dan Gedangan.
Menurut catatan, mereka pindah menjadi warga permanen di Kab Sidoarjo itu, diantaranya karena pindah rumah, bekerja di perusahaan di Sidoarjo yang jumlahnya termasuk banyak, jugakarena mencari makan dan penghidupan di wilayah Kab Sidoarjo yang termasuk gampang.
Disampaikan Kasi Identitas Kependudukan Dispendukcapil Kab Sidoarjo, Rudi Setyawan SSTP MSi MH, secara by data administrasi kependudukan warga permamen yang masuk ke Sidoarjo itu akan terasa pada satu Minggu usai Lebaran.
”Ya kita perkirakan nanti pada sekitar tanggal 11 Juli, permohonan surat pindah masuk, akan mulai terasa mengalir,” ujar Rudi, Rabu (5/7) kemarin, di kantornya.
Ia bisa menyampaikan itu, dari pengalaman-pengalamannya selama dua tahun belakangan ini. Mereka yang mengajukan permohoman pindah masuk dalam sehari, biasanya bisa mencapai jumlah mulai 100 sampai 150 orang per hari.
”Untuk catatan warga permanen ini, yang masuk banyak dari Surabaya, mereka biasanya karena pindah rumah, sebab harga tanah dan rumah disana lebih mahal dari Sidoarjo,” kata Rudi.
Menurut Rudi, hingga kini bila mengacu pada KTP dan KK, jumlah warga Kab Sidoarjo kurang lebih mencapai angka 2,2 juta jiwa. Tetapi bila mengacu pada masih adanya warga non permanen, jumlah penduduk di Kab Sidoarjo, lebih dari angka itu. ”Mereka biasanya masih kos, ngontrak dan masih ikut famili,” kata Rudi.
Meski banyak penduduk luar daerah masuk Sidoarjo, tapi kata Rudi, setelah Lebaran banyakjuga warga Sidoarjo yang mengajukan permohonan pindah keluar. Menurut catatan Rudi, angkanya tidak jauh beda dengan pengajuan pindah masuk. Perbandingannya satu untuk yang pindah masuk dan 1/2 yang pindah keluar. [kus]

Tags: