Usia Sewindu, Bukalapak Siap Besar Bersama UKM di Indonesia

Sewindu-Bukalapak-siap-besar-bersama-UKM. [m ali/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
Memasuki usia sewindu (8 tahun), sebagai marketplace terbesar di Indonesia. Bukalapak konsiaten untuk besar dan membesarkan Usaha Kecil Menengah (UKM). Karenanya tema yang diangkat dalam rangka memperingati HUT ke 8 adalah ‘Bukalapak Besar Bersama UKM Indonesia’.
Dikatakan Achmad Zaky, Founder dan CEO Bukalapak Kamis (11/1) kemarin, bukalapak mengadakan perayaan ulang tahun sebagai bentuk syukur dan bersinergi bersama para UKM, pengguna Bukalapak, dan juga karyawan Bukalapak.
Selama delapan tahun ini tandasnya kemudian, Bukalapak terus berupaya untuk menaikkelaskan semua UKM di Indonesia sebagai salah satu komitmennya untuk membantu memajukan ekonomi digital di Indonesia. Seiring dengan berkembangnya Bukalapak, para UKM pun turut bertumbuh pesat dengan peningkatan pendapatan rata-rata 3 kali lipat di tahun 2017. Bukalapak telah menjadi sebuah platform online marketplace yang terpercaya di Indonesia yang telah menghubungkan langsung para pelaku UKM dan pembeli dari Sabang sampai Merauke.
Menurut Zaky, acara HUT Bukalapak ini dihadiri oleh 1000 UKM terbaik Bukalapak, karyawan, partner, dan disiarkan secara langsung melalui situs Bukalapak, Facebook serta YouTube sehingga dapat dinikmati oleh pengguna kami di seluruh Indonesia untuk turut bersuka cita.
Saat ini Bukalapak memiliki 35 juta pengguna (monthly active user/MAU) di seluruh Indonesia, artinya 30% dari netizen Indonesia pernah berkunjung ke Bukalapak. Disamping itu jumlah transaksi Bukalapak per hari mencapai 320 ribu transaksi, ini menunjukkan bahwa Bukalapak semakin dipercaya oleh masyarakat Indonesia.
“Bukalapak ingin menjadi aset terbaik bangsa Indonesia. Kami ingin menjadi pemberi pekerjaan terbanyak di Indonesia, menjadi sumber kesejahteraan UKM di Indonesia, dan pembayar pajak terbesar di Indonesia,” papar Zaky. Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky dan Nugroho Herucahyono pada tahun 2010 dengan semangat memajukan UKM di Indonesia.
Mereka memulai usaha di sebuah rumah indekos dan berupaya meyakinkan para UKM bergabung di Bukalapak satu demi satu. Seiring dengan bertambah banyak nya UKM yang tergabung di Bukalapak, Komunitas Bukalapak mulai dibentuk pada tahun 2012 sebagai wadah untuk berbagi informasi sukses berjualan online.
Saat ini jumlah komunitas Bukalapak telah mencapai 80 komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan jumlah pelapak yang mencapai lebih dari 2,2 juta pelapak. “Di usia kami ke-8, kami berharap dapat terus bertumbuh dengan semangat yang baru. Kami memandang kesuksesan sebagai sebuah rangkaian milestone atau tahapan, bukan merupakan suatu titik akhir.
Alhamdulillah Bukalapak terus berkembang setiap tahun, pencapaian ini semua tentu berkat dukungan dari seluruh penduduk Indonesia khususnya para pengguna Bukalapak serta para Pelapak, dan juga karyawan-karyawan kami juga telah mendedikasikan waktu serta kreativitas yang luar biasa terhadap perkembangan Bukalapak.” ujar Achmad Zaky. [ma]

Tags: