Ustadz Opick Ziarah ke Makam Gus Solah di Kabupaten Jombang

Ustadz Opick bersama rombongan didampingi Gus Ipang Wahid saat berziarah di makam Gus Solah, Selasa (04/02/2020).
[arif yulianto/ bhirawa].

Jombang, Bhirawa
Wafatnya Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebu Ireng, Jombang, KH Salahudin Wahid (Gus Solah), masih menyisakan duka di kalangan keluarga besar Pesantren maupun masyarakat. Para pentakziah masih terus berdatangan untuk menyampaikan bela sungkawa kepada pihak keluarga almarhum Gus Solah.
Salah satunya yakni, penyanyi religi terkenal, Ustadz Opick, yang datang berziarah ke makam Gus Solah bersama istrinya. Opick juga didampingi sahabatnya asal Jombang, Mr. Masudin.
Kedatangan Opick dan rombongan di sambut oleh Putra Gus Solah, Irfan As’ari Sudirman Wahid (Gus Ipang) dan istri Gus Solah, Nyai Farida Salahudin Wahid.
Kepada Gus Ipang dan Nyai Farida, Opick menyampaikan belasungkawa. Kemudian dia terlihat berbincang dengan Gus Ipang dan Nyai Farida sebelum akhirnya rombongan berdoa di makam Gus Solah.
Menurut Opick, almarhum Gus Solah merupakan sosok yang luar biasa dan merupakan salah satu putra terbaik bangsa.
“Ada kesedihan yang mendalam, karena seperti Gus Solah, Mbah Maimun (KH Maimun Zubair), ini adalah orang-orang penting, punjernya bumi, kita yang muda yang miskin ilmu, miskin amal jadi deg-deg, kita nampaknya harus nambahi doa, nambahi tirakat,” kata Opick, usai berziarah di makam Gus Solah.
Opick mengaku terakhir bertemu dengan Gus Solah saat dirinya melakukan konser untuk launching pembangunan Rumah Sakit Hasyim Asy’ari beberapa bulan lalu. Saat itu, Opick melihat bahwa Gus Solah masih memiliki cita-cita tinggi untuk membesarkan Pesantren Tebuireng.
Bahkan, saat detik terakhirnya pun, Gus Solah masih sempat memikirkan umat dengan penuh tulus dan ikhlas. Sehingga, sosok Gus Solah patut di contoh oleh para santri maupun dzurriyah serta masyarakat luas.
“Gus Solah sempat menyampaikan akan membangun gedung rektorat di Pesantren Tebuireng. Saya ingat waktu itu konser pembangunan Rumah Sakit Hasyim Asy’ari, saya dengan Rosa. Pokoknya yang beliau fikirkan itu umat, bukan kepentingan sendiri,” kenang Opick.(rif)

Tags: