Vaksin Moderna untuk Nakes di Pasuruan Mulai Datang Bertahap

Nakes di Pasuruan. Vaksin moderna dosis ke tiga untuk nakes di Kabupaten Pasuruan mulai datang.

Kab.Pasuruan, Bhirawa
Vaksin moderna dosis ke tiga di Kabupaten Pasuruan mulai datang. Vaksin untuk para tanaga medis (nakes) total jumlahnya sebanyak 6.401 vial. Pemberian vaksin moderna untuk memberikan kekebalan yang maksimal terhadap variasi-variasi mutasi virus yang ada.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasuruan, Ani Latifah menyampaikan vaksin moderna datang secara bertahap. Saat ini, pemerintah pusat mengirim ke Kabupaten Pasuruan sebanyak 380 vial.

Setiap 1 vial, bisa digunakan antara 14-15 orang. Adapun total jumlah sasaran vaksin moderna untuk nakes yang akan disuntik sebanyak 6.401 vial.

“Alokasi vaksin moderna dari pusat, selanjutnya ditujukan ke Dinkes Propinsi dan ke Kabupaten Pasuruan. Sehingga, vaksin moderna datangnya bertahap,” ujar Ani Latifah, Selasa (3/8).

Peruntukan vaksin moderna diprioritaskan bagi tenaga kesehatan sebagai vaksinasi tahap ketiga yang berfungsi sebagai booster. Vaksin moderna dosis ke tiga tersebut untuk menjaga tenaga kesehatan agar bisa konsentrasi bekerja, sebab setiap hari berhadapan dengan pasien yang berpotensi terpapar Covid-19.

“Para nakes harus dilindungi. Karena nakes setiap hari bertemu dengan virus yang tinggi kadarnya. Makanya, penting untuk dipahami vaksinasi ketiga hanya diberikan kepada nakes,” beber Ani Latifah.

Pihaknya menjelaskan pemberian vaksin moderna khusus diberikan pada nakes yang sudah dua kali di vaksin. Adapun, yang belum pernah vaksin, tidak diberikan. [hil]

Tags: