Vaksinasi Covid-19 Capai 51 Persen, Pemkab Tulungagung Genjot Dosis Satu

Didik Eka.

Tulungagung, Bhirawa
Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tulungagung saat ini sudah mencapai 51 persen. Dari 800 ribu jumlah sasaran, 451 ribu di antaranya sudah tervaksin Covid-19.

Demikian diungkapkan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Didik Eka, Rabu (8/9). “Dari target 100 persen sasaran sebanyak 800 ribu warga Tulungagung, 51 persennya sudah tervaksin Covid-19,” ujarnya.

Ia yakin pada akhir tahun ini target 70 persen dari sasaran yang tervaksinasi Covid-19 dapat tercapai. Apalagi saat ini akan digencarkan vaksinasi Covid-19 dosis satu pada warga Tulungagung.

“Petunjuk dari Kapolres Tulungagung pada kami untuk menggenjot vaksinasi dosis satu agar segera mencapai herd immunity. Ini akan kami lakukan,” paparnya.

Menurut Didik, kesuksesan vaksinasi juga tergantung dari mobilitas penduduk. Jika mobilitas penduduk rendah, vaksinasi cenderung akan sukses.

“Vaksinasi efektif kalau mobiitas penduduk tidak tinggi. Saat jadwal dosis dua misalnya, kalau penduduk mobilitasnya rendah mereka akan datang untuk vaksinasi,” paparnya lagi.

Selanjutnya pria berkaca mata ini menyebut untuk menggencarkan vaksinasi dosis satu pada masyarakat Tulungagung diharapkan tidak akan terjadi kendala. Terlebih vaksin Covid-19 terus datang ke Tulungagung.

Mulai Agustus lalu, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung sudah rutin setiap minggu mendapat tambahan vaksin Covid-19. Jumlahnya per minggu antara 20 ribu sampai 30 ribu dosis.

“Bulan –bulan sebelumnya dikirim vaksin setiap 10 hari sampai dua minggu. Sekarang dengan kedatangan vaksin setiap minggu itu kami harus habiskan,” ucapnya.

Menjawab pertanyaan, Didik Eka membeberkan saat ini Dinas Kesehatan lebih memfokuskan melakukan vaksinasi Covid-19 pada warga dengan basis desa. “Bahkan saat ini dalam sehari kawan-kawan Puskesmas itu dengan berbasis desa bisa menyelesaikan vaksinasi sebanyak 500 ribu sehari,” katanya.

Sedang untuk vaksinasi pelajar, Didik Eka mengatakan capaiannya juga termasuk tinggi. Dikatakan setelah dilakukan vaksinasi pada siswa semua siswa kelas XII jenjang SMA, kini Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung akan melakukan vaksinasi pada semua siswa kelas IX jenjang SMP.

“Setelah itu baru semua siswa kelas X dan XI jenjang SMA dan kelas VII dan VIII jenjang SMP. Untuk jumlah siswa yang masuk sasaran vaksinasi ini mencapai 92.535 siswa,” pungkasnya. (wed)

Tags: