Vaksinasi di Kabupaten Tulungagung Dimulai Besok Hari Kamis

Vaksin Covid-19 yang terbungkus kardus dan mendapat pengawalan aparat kepolisian saat tiba di Tulungagung, Selasa (26/1) siang, langsung disimpan di Gudang Farmasi Kantor Dinkes Kabupaten Tulungagung.

Tulungagung, Bhirawa
Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tulungagung untuk pertama kalinya rencananya akan dilakukan pada Kamis (28/1). Sejumlah pejabat publik di antaranya anggota Forkopimda Tulungagung yang akan mendapat suntikan pertama vaksin Covid-19 tersebut.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Didik Eka, mengungkapkan setelah vaksin tiba di Tulungagung pada Selasa (26/1) siang akan dilakukan vaksinasi pertama pada sejumlah pejabat publik. “Sesuai rencana vaksinasi pertama akan berlangsung di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso pada tanggal 28 Januari 2021,” ujarnya.

Menurut dia, sudah ada 18 nama yang diajukan untuk divaksin Covid-19 di Kota Marmer tersebut. Termasuk di antaranya nama Sekda Tulungagung, Sukaji.

“Semua anggota Forkopimda akan divaksin. Dan juga ada tokoh agama,” bebernya.

Selanjutnya, Didik Eka menyebut pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan berlanjut ke tenaga sumber daya manusia (SDM) kesehatan. Jumlahnya mencapai 5.371 tenaga SDM Kesehatan.

Ia yakin vaksinasi para tenaga SDM kesehatan tersebut akan berlangsung selama sepekan. “Ini karena kami dibantu vaksinator yang ada di 40 fasilitas kesehatan. Yakni di 32 puskesmas dan delapan rumah sakit,” tuturnya.

Sementara itu, Plh Kasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Ari Wardani, yang ikut dalam rombongan mobil pembawa vaksin Covid-19 ke Tulungagung menungkapkan jumlah vaksin yang diterima Dinkes Tulungagung dan langsung di simpan di Gudang Farmasi Kantor Dinkes Kabupaten Tulungagung sebanyak 4.000 vial. “Jumlah tersebut sesuai dengan kapasitas gudang,” ujarnya.

Ia menyebut vaksin yang telah masuk gudang farmasi akan dikawal terkait mutu dan stabilitas suhunya. “Sedang untuk pengiriman selanjutnya menunggu informasi lebihlanjut,” pungkasnya. (wed)

Tags: