Vaksinasi Kloter Kedua, Kota Blitar Dapat Tambahan 3.880 Vaksin

Didik Djumianto

Kota Blitar, Bhirawa
Bencana dilaksanakannya Vaksinasi Covid-19 pada tahap kedua, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar telah mendapat tambahan 3.880 vaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Kota Blitar, Didik Djumianto mengatakan pada tahap pertama lalu, Dinkes Kota Blitar mendapat jatah 1.240 dosis vaksin Covid-19, dan pada pengiriman tahap kedua ini mendapatkan tambahan 3.880 dosis vaksin. Sehingga Dinkes Kota Blitar telah menerima total 5.120 dosis vaksin Covid-19 dari Dinkes Provinsi Jatim.

“Mulai hari ini (kemarin red) vaksin sudah mulai kami kirim ke sejumlah fasilitas kesehatan di Kota Blitar, dan penerimaan vaksin kloter kedua ini kami terima pada hari Sabtu lalu,” kata Didik Djumianto, Selasa (2/2).

Selain itu diakui Didik, dari pengiriman vaksin kloter pertama lalu, proses vaksinasi terhadap Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Blitar baru tervaksin 5 persen yang sampai saat ini masih berjalan, sehingga pihaknya juga berharap sebelum dilaksanakannya vaksin tahap kedua ini semuanya sudah selesai.

Sedangkan pelaksanaan vaksinasi dikatakan Didik juga sudah mulai berjalan di sejumlah fasilitas kesehatan, duimana Dinkes menunjuk 11 fasilitas kesehatan sebagai tempat pelayanan vaksinasi, dimana 11 fasilitas kesehatan itu terdiri atas lima rumah sakit, tiga puskesmas, dan tiga klinik.

“Vaksin yang sudah diterima itu akan digunakan untuk dua tahap, dimana sasaran pertama vaksin yaitu para nakes dan tenaga di fasilitas kesehatan,” ujarnya.

Tambah Didik, sesuai data pemerintah pusat, jumlah tenaga kesehatan dan tenaga di fasilitas kesehatan yang akan menerima vaksin di Kota Blitar sebanyak 2.440 orang, dan pada pelaksanaan vaksin tahap kedua ini akan diberikan setelah 14 hari pemberian vaksin tahap pertama.

“Kami berharap pelaksanaan vaksinasi semuanya berjalan dengan lancar dan bisa mengurangi kasus Covid-19 di Kota Blitar, selain itu kami selalu menghimbau masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan,” imbuhnya. [htn]

Tags: