Wabup Banyuwangi Disambati Penderita Tumor

Wabup BanyuwangiBanyuwangi, Bhirawa
Bayi yang usianya belum genap satu tahun tampak menangis di dalam kamar kost yang berada di Jl Lawu II Gang Senyum Singotrunan Banyuwangi. Lalu dengan perlahan ayahnya yang bernama Arga Lesmana (30) menggendong dan mengajaknya bermain. Berbeda dengan bayi lainnya, mata sebelah kanan Najwa membesar termasuk bagian pelipis dan pipinya.
”Kebetulan tugas malam jadi kalau siang gini jaga Najwa gantian sama neneknya. Istri saya bantu-bantu di warung di depan gang,” ujar Arga, Rabu (17/9).
Lelaki yang berprofesi Satpam ini bercerita, saat berumur tujuh hari, mata anak keduanya Najwa Azzahra Putri Lesmana memerah, bengkak dan keluar benjolan kecil. Ia lalu membawanya ke RS. Menurut keterangan dokter, anaknya menderita tumor mata dan harus segera di operasi di Surabaya, dengan alasan RS di Banyuwangi tidak mendukung.
”Saya sempat membawanya ke Surabaya selama 2 bulan dan tinggal di rumah keluarga di wilayah Gresik. Mau kost dekat dengan RS nggak mungkin karena biayanya besar. Setiap ke RS harus dua kali naik kendaraan umum. Di suruh operasi tapi biayanya besar. Karena biaya habis dan nggak ada kemajuan saya bawa pulang lagi dan kost di sini,” jelasnya.
Arga mengaku sempat menggunakan BPJS namun ditolak dengan alasan yang tidak ia mengerti. ”Sempat mengurusi untuk biaya Najwa tapi ditolak. Saya nggak ngerti apa-apa. Kalau ditanya biaya waah saya sudah habis-habisan. Tak pernah saya hitung demi kesembuhan anak saya,” katanya sambil mencium anak perempuannya yang lahir pada 22 Desember 2014.
Bahkan ia juga sempat menulis surat kepada Wakil Bupati Banyuwangi yang ia serahkan lewat seseorang, namun sampai detik ini masih belum ada tanggapan. Kostan keluarga Arga sendiri hanya berjarak beberapa meter di belakang rumah dinas wakil Bupati Banyuwangi.
”Saya sudah tak tahu lagi harus minta tolong kepada siapa. Terakhir kemarin sempat konsultasi ke dokter anak katanya untuk biaya operasi sekitar Rp10 jutaan. Dapat uang dari mana saya. Gaji saya cukup untuk makan sehari-hari. Untuk bayar kost saja Rp300 ribu tiap bulan,” katanya.
Lelaki kelahiran 11 Agustus 1984 tersebut berharap ada keajaiban untuk anaknya. Seperti harapan orang tua lainnya , ia ingin anaknya tumbuh sehat. ”Saya pernah melakukan pengobatan alternatif tapi hasilnya nggak ada. Ini bengkaknya semakin lama semakin besar. Saya nggak tega liatnya. Apalagi pernah kayak mau copot gitu bola matanya,” pungkasnya.
Dalam keadaan sakit, Najwa masih harus berbagi satu kamar kost yang berukuran kecil tersebut dengan ayah, ibu, kakak laki-lakinya  Airon Raysya Lesmana (4)) dan neneknya.
”Saya berharap segera ada bantuan agar Najwa bisa di operasi. Saya mau lakukan apapun asalkan anak saya sembuh,” pungkasnya. [nan]

Keterangan Foto : Wakil Bupati (Wabup), Yusuf Widyatmoko

Tags: