Wabup Madiun Buka Sosialisasi Kartu Kredit Pemda dalam Pelaksanaan APBD

Wabup Madiun, H. Hari Wuryanto saat membuka kegiatan Sosialisasi Penggunaan Kartu Kredit Pemkab Madiun dalam pelaksanaan APBD di Gedung Diklat Kab. Madiun, Selasa (24/1). [sudarno/bhirawa]

Kabupaten Madiun, Bhirawa.
Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto membuka kegiatan Sosialisasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah di Gedung Diklat Kabupaten Madiun, Selasa (24/1).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 160 peserta yang terdiri dari Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan bendahara OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Madiun.

Wabup Madiun mengatakan jika era digitalisasi adalah suatu keniscayaan yang harus dipahami. Penerapan sistem kartu kredit dalam SIPD guna meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah berbasis elektronik yang terintegrasi dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efektif dan efesien.

“Digitalisasi adalah keniscayaan, dengan pengelolaan keuangan berbasis elektronik memudahkan kita untuk mengetahui laporan keuangan dengan mudah,” kata Wabup Madiun saat membuka kegiatan Sosialisasi Penggunaan Kartu Kredit Pemkab Madiun dalam pelaksanaan APBD tersebut.

Mas Hari sapaan Wakil Bupati Madiun, dalam paparannya mengatakan bahwa Menteri Dalam Negeri telah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2023 tentang petunjuk teknis penggunaan kartu kredit Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan APBD sebagai bentuk inovasi pemerintah dalam menjawab tuntutan perkembangan teknologi maupun digitalisasi yang kian pesat, serta sebagai bentuk upaya pemerintah dalam mendukung pergeseran perilaku transaksi masyarakat dari konvensional (tunai) menjadi cashless (non tunai).

“Diharapkan agar kita semua memiliki persepsi, wawasan, serta pengetahuan yang sama terkait dengan Permendagri Nomor 79 Tahun 2022 ini, meliputi pengelolaan, jenis, batasan belanja, pengajuan, penerbitan, pelaksanaan, dan penagihan,” pungkasnya.

Kesempatan itu, Wabup Madiun, juga menghimbau kepada seluruh peserta sosialisasi, mulai dari pengguna anggaran, KPA, PPTK SKPD dan bendahara pengeluaran, pihaknya tegaskan, agar dapat mengikuti sosialisasi ini secara serius sampai akhir.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Madiun, serta narasumber dari Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri. [dar.dre]

Tags: