Wabup Probolinggo Lantik 31 Pejabat Eselon III dan IV

Wabup Timbul saat melantik pejabat eselon III dan IV. [wiwit agus pribadi/bhirawa]

Pemkab Probolinggo, Bhirawa
Sebanyak 31 orang pejabat Administrator (eselon III) dan pejabat Pengawas (eselon IV) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dilantik dan diambil sumpahnya oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo. Sebelumnya telah diserahkan SK pengangkatan CPNS ini diberikan kepada 382 orang di tempat yang sama

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Inspektur Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono, para staf ahli, para asisten dan perwakilan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Camat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya terdiri dari 16 orang pejabat eselon III dan 15 orang pejabat eselon IV. Penandatanganan berita acara pengambilan sumpah/janji jabatan secara simbolis dilaksanakan oleh Oon Hartono yang akan menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa didampingi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Budi Purwanto dan Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas secara simbolis oleh Yunita Nur Laili yang akan menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo.

Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Sabtu (30/1) mengungkapkan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di tahun 2021 ini mempunyai tujuan untuk mempersiapkan pejabat-pejabat publik yang mampu mencapai target yang maksimal dalam melaksanakan program dan kegiatan pemerintah di Kabupaten Probolinggo.

“Saya berpesan agar pejabat Aparatur Sipil Negara harus mempunyai kompetensi yang baik dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Dengan kompetensi inilah nantinya dapat membantu pejabat publik dalam melaksanakan program pembangunan yang dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, sebagaimana roda Pemerintahan Kabupaten Probolinggo, Organisasi Perangkat Daerah sebagai pelaksana kegiatan harus disediakan dengan baik pejabat publik dengan kompetensi yang mumpuni agar nantinya dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

“Untuk itu, dengan dilaksanakannya pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat di tahun 2021 ini dipandang perlu untuk meningkatkan kinerja perangkat daerah di Kabupaten Probolinggo,” tuturnya.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE secara simbolis telah menyerahkan Surat Keputusan (SK) Bupati Probolinggo Tentang Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Penyerahan SK Bupati Probolinggo ini dilaksanakan di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. SK Bupati Probolinggo Tentang Pengangkatan CPNS ini diberikan kepada 382 orang CPNS di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Penyerahan SK Pengangkatan formasi tahun 2019 ini secara seremonial diikuti oleh 20 orang. Sementara sisanya mengikuti secara virtual di 6 (enam) tempat di lingkungan Pemkab Probolinggo karena masih dalam masa pandemi Covid-19 dengan protokol kesehatan yang ketat.

Yakni, ruang pertemuan Dinas Pendidikan 59 orang, ruang pertemuan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kraksaan 50 orang, ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo sebanyak 50 orang, Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo 131 orang, ruang pertemuan RSUD Tongas 26 orang dan ruang pertemuan RSUD Waluyo Jati Kraksaan sebanyak 46 orang.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko secara simbolis menyerahkan kepada 5 (lima) orang. Terdiri dari perwakilan Formasi Umum Jabatan Dokter Ahli Pertama dr. Shopy Indriyani pidempatan di Puskesmas Bantaran, Formasi Umum Jabatan Perawat Pelaksana Endik Irawan penempatan di RSUD Tongas.

Selanjutnya, Formasi Umum Jabatan Bidan Pelaksana Devi Oktavina Diliani penempatan Puskemas Tiris, Formasi Umum Jabatan Analisis Hasil Pengawasan dan Pengaduan Masyarakat Tri Cahya Aqil Azizi penempatan di Satuan Polisi Pamong Praja dan Formasi Cumlaude pada Jabatan Guru Matematika Ahli Pertama Monica Aprilia penempatan di SMPN 1 Dringu.

382 orang CPNS ini merupakan hasil seleksi dari total 6.648 orang pendaftar. Mereka terdiri dari jabatan fungsional tertentu tenaga kesehatan sebanyak 274 orang, jabatan fungsional tenaga pendidik sebanyak 113 orang dan tenaga teknis sebanyak 22 orang.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, mengatakan bahwasanya seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Probolinggo sebagai pimpinan dan pembina CPNS didalam unit kerja harus terus melakukan bimbingan agar lulus sebagai CPNS dengan berlandaskan niatan untuk ibadah.

“Saya berharap para CPNS atau PNS yang pro aktif untuk mengatasi permasalahan yang kita hadapi dan mampu melayani masyarakat dengan baik sesuai lingkungan kerjanya. Dengan adanya para CPNS yang diperkirakan 382 orang ini nantinya mampu memberikan perubahan yang baik terhadap jalannya roda pemerintahan di Kabupaten Probolinggo, “harapnya.

Kecenderungan generasi milenial ini dituntut harus kreatif dan inovatif untuk memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas kepada masyarakat. Seorang milenial para CPNS ini merupakan motor / penggerak lahirnya inovasi dan kreatifitas.

“Tentunya saya sebagai Bupati Probolinggo membutuhkan dukungan orang-orang brilian. Seorang brilian tidak hanya bekerja cerdas, akan tetap harus didampingi dengan perilaku atau akhlak yang baik. Tidak ada gunanya sebuah kecerdasan jika tidak dibarengi dengan akhlak dan perilaku yang baik, sehingga terciptanya manusia-manusia yang cerdas dan pro aktif sebagai bekal seorang CPNS dalam lingkungan kerjanya, ” tambahnya.n [wap]

Tags: