Wabup Probolinggo Mantapkan Core Value ASN BerAKHLAK

Korpri kota Probolinggo mantapkan Core Value ASN BerAKHLAK. [wiwit agus pribadi/bhirawa]

Pemkab Probolinggo, Bhirawa.
Peringatan HUT Ke-51 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) tahun 2022, Dewan Pengurus KORPRI Kota Probolinggo mengikuti upacara secara daring dari Command Center.

Hadir Ketua KORPRI sekaligus Sekretaris Daerah drg. Ninik Ira Wibawati bersama dengan anggota dewan pengurus lainnya. Di kabupaten Probolinggo meriahkan HUT Korpri, wabup Timbul bagikan paket sembako bagi abang becak.

Tema peringatan tahun ini adalah KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri. Bertindak selaku pembina upacara peringatan HUT ke-51 KORPRI adalah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Dalam sambutannya, Menteri Tito mengajak seluruh anggota korps abdi negara itu untuk introspeksi atas sumbangsih yang telah diberikan selama ini.

“Acara ini sangat penting dan dapat kita manfaatkan untuk melakukan introspeksi, apa yang sudah dilakukan KORPRI selama 51 tahun, dengan segala plus dan minus nya,” terang Tito, Rabu (30/11).

Sebelumnya, dalam peringatan HUT KORPRI ini juga diisi seminar motivasi oleh Ary Ginanjar Agustian dari ESQ Leadership Center.

Salah satu pesan yang disampaikan oleh motivator nasional itu adalah memantapkan core values ASN BerAKHLAK. Yakni, Aparatur Sipil Negara yang Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Ditemui usai mengikuti upacara, Wakil Ketua III KORPRI Kota Probolinggo Tartib Goenawan memaknai tema HUT KORPRI ke 51 sebagai momen untuk merubah paradigma ASN yang hadir untuk melayani masyarakat.

“ASN itu kan memang dicetak sebagai abdi masyarakat, artinya dia melayani, sudah tidak ada lagi bahwa ASN ini minta dilayani seperti yang dulu lagi dan sudah masanya kita memang berubah,” jelas Tartib yang juga menjabat sebagai Kepala Bappeda Litbang itu

Terkait core value ASN BerAKHLAK, Tartib berpesan kepada semua ASN di Kota Probolinggo agar mematangkan mental dan kualitas diri sebelum membantu memberikan pelayanan pada masyarakat.

“Mental dan kualitas internal kita bukan untuk yang lain, perbaiki diri kita dulu, selesaikan masalah kita, baru kita akan bisa menyelesaikan masalah di luar,” pesan Tartib.

Tampak di ruang command center, Kepala BKPSDM sekaligus Wakil Ketua 1 Wahono Arifin, Kepala Dinsos P3A sekaligus Wakil Ketua II Rey Suwigtyo, Kepala DLH sekaligus Wakil Ketua IV Rachmadeta Antariksa serta kepala perangkat daerah terkait.

Untuk meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Timbul Prihanjoko membagikan santunan berupa paket sembako kepada 100 abang tukang becak, di halaman Guest House Kota Kraksaan, Rabu (30/11).

Pada momentum tersebut, Wabup Timbul didampingi DP Korpri Kabupaten Probolinggo. Diantaranya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, Plt Asisten Administrasi Umum dr Mansur, Kepala Bapelitbangda Santiyono dan Kepala Dinas Perhubungan Taufik Alami.

Melalui aksi Korpri berbagi kali ini Wabup Timbul mengemukakan, kepedulian ini merupakan salah satu wujud rasa syukur para pengurus dan anggota Korpri Kabupaten Probolinggo atas limpahan rahmat Allah SWT dan kebarokahan rejeki selama ini.

Sesuai tema nasional “Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri”, selain harus terus berinovasi dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, setiap anggota Korpri juga harus lebih peka terhadap sosial dan lingkungan.

“Setiap anggota Korpri harus mampu menjadi tauladan di masyarakat. Pada momentum peringatan HUT Korpri ini kami juga ingin mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan kepedulian sosial,” ungkapnya.

Sementara itu, meskipun di halaman depan Guest House sempat terjadi kerumunan para abang tukang becak, namun pelaksanaan aksi Korpri berbagi tersebut dapat berlangsung tertib, lancar dan teratur.

Canda dan tawa pun tak jarang mewarnai jalannya aksi tersebut, salah satunya dilancarkan oleh Taufik Alami. Saat itu ia mempersilahkan abang tukang becaknya agar tetap duduk di bangku becaknya, sembari mantan Camat Gading ini mendorong becaknya.

“Saya pribadi sangat apresiasi kepada para abang becak ini. Di tengah pesatnya kemajuan alat transportasi saat ini, sampai saat ini mereka masih setia dan tetap semangat menghidupi keluarganya dengan rejeki hasil becaknya ini,” tambah Taufik memungkasi. [wap.dre]

Tags: