Wagub Jatim Imbau Makmurkan Masjid Lewat Bentuk Koperasi

Mantan Gubernur Jatim H Imam Utomo, Wakil Gubernur Jatim Drs H Saifullah Yusuf dan Kepala Bappeda Provinsi Jatim Dr H RB Fattah Jasin MS berfoto bersama usai menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu, disela-sela peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H di Masjid Sabillus Salam, Nginden Intan Surabaya.

Mantan Gubernur Jatim H Imam Utomo, Wakil Gubernur Jatim Drs H Saifullah Yusuf dan Kepala Bappeda Provinsi Jatim Dr H RB Fattah Jasin MS berfoto bersama usai menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu, disela-sela peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H di Masjid Sabillus Salam, Nginden Intan Surabaya.

Pemprov Jatim, Bhirawa
Masjid selain dijadikan tempat beribadah seperti sholat, mengaji dan kegiatan religi lainnya, juga harus diramaikan dengan berbagai aktifitas sosial. Salah satunya dengan membentuk koperasi masjid.
“Membangun koperasi di lingkungan masjid dan dikoordinir oleh takmir masjid, akan turut meramaikan dan memakmurkan masjid. Ini bisa menjadi salah satu cara mendorong masyarakat untuk lebih mencintai masjid,” kata Wakil Gubernur Jatim Drs H Saifullah Yusuf, saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H, di Masjid Sabillus Salam, Nginden Intan Surabaya, sabtu (24/1) malam.
Gus Ipul, sapaan lekat Saifullah Yusuf mengapresiasi, Masjid Sabilus Salam yang telah memiliki lembaga pendidikan dan koperasi. Dalam kesehariaanya, masjid Sabillus Salam telah banyak melakukan kegiatan syiar agama melalui diskusi maupun ceramah agama hingga pengajian. Selain itu, masjid ini juga akan mengembangkan sarana pendidikan seperti Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), kelompok bermain (KB), taman kanak-kanak (TK), balai pengobatan hingga lembaga keuangan atau permodalan seperti koperasi.
“Nantinya, jamaah maupun santri dari masjid dari Sabillus Salam tidak perlu jauh jauh ke dokter. Jika sakit bisa langsung berangkat ke masjid. Begitu juga, jika yang ingin mengajukan kredit bisa langsung ke koperasi masjid tidak perlu datang jauh-jauh ke bank,” jelasnya.
Dicontohkan, dengan adanya koperasi di tengah-tengah masyarakat terlebih disekitar masjid, akan meringankan beban masyarakat yang membutuhkan permodalan. Keberadaan koperasi ini juga lebih memudahkan masyarakat dibanding jika meminjam di bank. “Uang kas dari masjid yang masih banyak atau lebih, bisa dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat dengan membesarkan koperasi dan lembaga pendidikan yang ada,” tuturnya.
Sementara itu, peringatan maulid Nabi Muhammad SAW merupakan tradisi umat muslim dan selalu di peringati di Indonesia, khususnya di Jatim dan memiliki keberkahan.  Gus Ipul mengatakan, Rasullah lahir dari seorang ibu yang sangat luar biasa. Siti Aminah ibunda Rasulullah di dalam kesabarannya, telah mampu membesarkan dan mendidik manusia agung yakni Nabi Muhammad SAW yang kemudian menjadi panutan bagi umat islam di dunia.
“Intinya, disamping kita memperingati hari lahirnya Rasulullah, kita juga harus meneladani bahwa Rasulullah lahir dari seorang ibu yang sabar dan sangat luar biasa. Ibu yang hebat melahirkan anak yang hebat, ibu yang sabar melahirkan anak yang sabar dan orang tua yang sabar akan melahirkan anak yang hebat,” tegasnya.
Senada dengan Gus Ipul, Ketua Yayasan Masjid Sabilus Salam Dr H RB Fatah Jasin MS mengatakan, Masjid Sabillus Salam telah memiliki lembaga pendidikan seperti, TPQ, TK dan KB disamping lembaga keuangan seperti Koperasi. Sesuai Gus Ipul, Masjid Sabillus Salam akan memajukan dan mengembangkan lembaga pendidikan seperti TK dan KB sekaligus lembaga keuangan seperti Koperasi yang diperuntukkan bagi masyarakat.
“Silahkan, jamaah yang ingin memanfaatkan TPQ, KB dan TK ini. Kami selaku ketua yayasan akan sangat senang. Ke depan, jika ada donatur yang ingin membangun sarana infrasturktur KB dan TK ini kami siap dengan tangan terbuka untuk membangunnya,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jatim ini.
Fatah Jasin memaknai, Peringatan Maulid secara mendalam terutama bagi umat muslim yang ingin memperoleh barakah serta hikmah dari peringatan Nabi Muhammad SAW. Barakah dari peringatan maulid ini sangat besar. Bahkan, pada saat Rasulullah lahir dijelaskan dalam sebuah hadist yang menerangkan tentang Yaumul Risalah. Artinya, pada saat Nabi Muhammad lahir Allah merisalahkan dan memperkenalkan kepada mahluk Allah di bumi dan langit, bahwa telah lahir seseorang atau manusia agung.
Selanjutnya, dalam hadis juga menerangkan Yaumul Wiladah. Artinya, Allah di hari kelahiran Nabi Muhammad SAW akan mempersatukan ummat manusia di dunia melalui Islam. “Masalah kedzaliman yang ada sejak zaman nabi, Insyallah bagi umat muslim akan dihapuskan dosanya oleh Allah SWT,” pungkasnya. [iib]

Tags: