Wajib Beridentitas KTP Elektronik

Elfinur

Elfinur

Ada kebijakan baru terkait permohonan paspor pada 2015 yang belum diketahui masyarakat luas. Pemohon paspor per Januari 2015 wajib berindentitas KTP elektronik sebagai salah satu persyaratan, sekaligus menyesuaikan teknologi komputerisasi perekaman sidik jari yang telah diterapkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Surabaya.
“Per 1 Januari tahun ini semua pemohon paspor wajib sudah ber-KTP elektronik,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Perak Elfinur kepada wartawan belum lama ini.
Bagi pemohon yang kartu identitasnya belum KTP elektronik, pihaknya tak mempermasalahkan, namun saat pengambilan paspor harus menyertakan surat rekomendasi dari Dispendukcapil bahwa yang bersangkutan sedang memproses pembuatan kartu. “Harus ada surat rekomendasi dari Kantor Dispendukcapil dari daerah asalnya terkait perekaman sidik jarinya dan itu bisa dilakukan menyusul sebagai syarat pengambilan paspor,” katanya.
Ia menegaskan, jika saat pengambilan paspor tidak disertai surat rekomendasi maka pihaknya terpaksa tidak mengabulkan dan mengeluarkan buku paspornya. Kantor Imigrasi, lanjut dia, mengakui aturan baru ini banyak dikeluhkan dan membuat pemohon sedikit rumit, khususnya bagi pemohon tak ber-KTP elektronik.
Sebagai bentuk kemudahan pemohon, pihaknya menegaskan telah berkomunikasi dengan Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya agar tidak mempersulit permohonan surat rekomendasinya sehingga penerbitan paspornya tidak berlama-lama. “Beliau sudah menyanggupi dan pasti membantu mempermudah pengeluaran surat rekomendasi rekaman sidik jari, seperti pengurusannya sehari jadi,” katanya. [bed]

Rate this article!
Tags: