Wakil Bupati Probolinggo Serahkan Bantuan Sosial

Wabup Timbul serahkan bantuan sosial korban banjir Dringu.[wiwit agus pribadi/bhirawa]

Pemkab Probolinggo, Bhirawa
Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko melakukan peninjauan perbaikan bagian rumah yang rusak akibat angin puting beliung milik Khusni Mubarroq di Dusun Krajan RT 03 RW 02 Desa Gading Wetan Kecamatan Gading.

Dilanjutnya menuju korban banjir di desa Kedungdalem dan desa Dringu kecamatan Dringu, dengan menyerahkan bantuan, Selasa (2/3). Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono, Asisten Pemerintahan dan Kesra Tutug Edi Utomo selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Dinas Sosial Achmad Arif dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Prijono.

Kedatangan orang nomor dua di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo bersama rombongan tersebut dsambut oleh Camat Gading Hari Tjahjono bersama jajaran Forkopimka Gading serta Kepala Desa Gading Wetan Supriyono bersama Perangkat Desa Gading Wetan.

Selain meninjau pembangunan kembali bagian rumah akibat angin puting beliung tersebut, Wabup Timbul dan jajaran Forkopimda juga menyerahkan bantuan sosial (bansos) dari Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo dan Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo. Meliputi, matras, peralatan dapur, food ware serta sembako.

Selanjutnya, Wabup Timbul dan Forkopimda melihat-lihat dari dekat kondisi bagian rumah yang telah dilakukan pembangunan kembali oleh para anggota pramuka dari Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo melalui inovasi Gerak Cepat Saweran Pemkab Probolinggo tersebut.

“Bagian rumah yang sudah dilakukan pembangunan kembali oleh adik-adik pramuka dengan inovasi Gerak Cepat Saweran Pemkab Probolinggo memiliki ukuran 3,5 cm x 8 cm. Disini juga dilengkapi dengan kamar mandi. Hanya saja bagian dindingnya ada yang masih basah,” kata Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Didik S Wahjudi.

Sementara Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan rumah tersebut rusak akibat hujan lebat dan angin kencang sehingga bagian belakang rumah roboh. Dimana pemiliknya adalah anak yatim piatu.

“Ketika mendapatkan laporan, saya langsung melakukan koordinasi dengan BPBD dan Dinsos (Dinas Sosial) untuk segera memperbaiki. Karena perintah dari Ibu Bupati untuk segera dilaksanakan perbaikan,” katanya.

Oleh karenanya jelas Wabup Timbul, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono bersama sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) kemudian istilahnya saweran. Sebab kalau menunggu birokrasi terlalu lama.

“Dari hasil saweran itulah, maka ditunjuklah teman-teman Pramuka untuk melaksanakan perbaikan. Tidak butuh waktu lama, sekitar 5 hari perbaikan bagian belakang rumah itu sudah selesai,” jelasnya.

Wabup Timbul menegaskan bahwa istilah saweran ini diharapkan mampu memberikan inspirasi kepada yang lain bahwa tanggung jawab itu tidak harus pemerintah, karena semua mempunyai tanggung jawab ketika ada semacam kejadian.

“Selama ini kesannya dalam pikiran kita mesti menunggu bantuan dari pemerintah. Kalau seperti ini terus kapan semua akan terprogram dengan baik. Dengan adanya semacam ini, harapan saya semua unsur bergerak. Masyarakat itu kalau ada kejadian ayo sama-sama kita tangani bersama,” tuturnya.

Setelah sempat tergenang banjir pada Sabtu (27/2) malam, Desa Kedungdalem dan Desa Dringu Kecamatan Dringu kembali diterjang banjir pada Minggu (28/2/2021) malam. Banjir ini berasal dari luapan air sungai akibat tingginya curah hujan yang terjadi di daerah dataran tinggi.

Untuk melihat dari dekat dampak yang disebabkan oleh banjir tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono selaku Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo mengunjungi lokasi banjir sekaligus menyerahkan bantuan sosial untuk tanggap darurat bencana alam banjir, Senin dan Selasa(1-2/3) pagi di Desa Kedungdalem dan Desa Dringu Kecamatan Dringu.

Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo, Wakapolres Probolinggo Kompol Agung Setyono, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Probolinggo H. Tutug Edi Utomo selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo.

Bantuan sosial untuk tanggap darurat bencana alam banjir yang diberikan kepada masyarakat di Kecamatan Dringu berupa 1 Kids Ware sejumlah 50 paket, makanan siap saji 500 paket, makanan anak 110 paket, selimut merah 40 potong dan kasur merah 300 lembar.

Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan bahwa kedatangannya di lokasi banjir adalah melakukan peninjauan untuk memastikan penyebab banjir dan kondisi warga yang terdampak banjir. “Alhamdulillah, warga yang terkena musibah banjir ini kenyataan di lapangan telah terlayani dengan baik, terutama masalah makanan oleh Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, perlu adanya sinergitas yang baik antar lembaga dan bukan hanya urusan Kabupaten Probolinggo dalam penanganan sungai yang menjadi penyebab banjir. “Tentunya kami selaku Pemerintah Daerah akan berusaha semaksimal mungkin dalam penanganan persoalan-persoalan masyarakat terhadap banjir,” tambahnya. [wap]

Tags: