Wakil Ketua Komisi E DPRD Apresiasi Destana BPBD dalam Turunkan IRB

Wakil Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jatim, Artono (tengah) saat pembentukan Destana di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Rabu (3/3).

Pembentukan Destana di Kabupaten Lumajang
BPBD Jatim, Bhirawa
Pembentukan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana (Destana) oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim kembali diapresiasi. Apresiasi ini datang dari Wakil Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jatim, Artono (PKS).

Pembukaan pembentukan Destana di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Rabu (3/3) ini dilakukan Artono dengan didampingi anggotanya Umi Zahro (PKB).

Turut hadir diantaranya Plt Kalaksa BPBD Jatim yang diwakili Sekretaris BPBD Jatim, Erwin Indra Widjaja; Kalaksa BPBD Kabupaten Lumajang, Indra W. Leksana dan Kades Sumber Wuluh, Abdul Aziz.

“Apa yang dilakukan BPBD Jatim sangat bagus. Meski pandemi, tapi bagaimana caranya Indeks Risiko Bencana (IRB) ini turun. Yakni sinergi pentahelix semua lapisan dan indeks kapasitas daerah kita naikkan, diantaranya dengan peranan Destana ini,” kata Wakil Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jatim, Artono.

Pihaknya mengaku BPBD Jatim merupakan mitra kerja yang handal. Bahkan pihaknya siap membantu anggaran terkait kebutuhan penanggulangan bencana.

Serta melakukan koordinasi dan komunikasi yang terjalin dengan baik. Bukan hanya melalui Destana saja, tapi juga peranan anggota dewan dalam membantu upaya penanggulangan bencana.

“Komunikasikan dengan kami dan ajak kami. Karena anggota dewan yang anda pilih kemarin juga mempunyai program. Terutama kerja kami lebih mengkrucut pada wilayah Dapil kami,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kalaksa BPBD Jatim yang diwakili Sekretaris BPBD Jatim, Erwin Indra Widjaja mengapresiasi dukungan Komisi E DPRD Jatim. Dijelaskannya, indeks Destana 2021 ini pada nilai 126,42.

Pihaknya pun mendukung adanya Destana, terutama untuk menurunkan kerentanan dengan menaikkan kapasitas kita. Sehingga dapat memunculkan kesiapsiagaan dalam meminimalisir adanya korban jiwa.

Erwin menambahkan, pihaknya berupaya dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Lumajang. Salah satunya dalam pembentukan Destana yang di dalamnya ada Pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Dengan harapan semua unsur ini selalu berjalan bersama-sama.

“Harapan saya Destana Pratama ini jauh lebih bagus dan jauh lebih maju. Sebab Destana ini sangat penting dalam menurunkan Indeks Risiko Bencana. Dan semoga kita semua dijauhkan dari datangnya bencana, amin,” harapnya.

Seperti diketahui, pembentukan Destana ini dilakukan dengan seremonial penyerahan bantuan masker dari Komisi E DPRD Provinsi Jatim kepada Kades Seumberwuluh Candipuro. Dan dilanjutkan dengan penanaman secara simbolis bibit buah oleh anggota Dewan beserta anggota BPBD dan Forkopimcam Candipuro. [bed]

Tags: