Wali Kota Batu Instruksikan Perbaikan Jembatan Sisir Jalan Terus

Selama proses perbaikan jembatan, warga Jl.Semeru Kelurahan Sisir disediakan jembatan sementara dari bambu untuk melewati Sungai Sisir.

Kota Batu, Bhirawa
Wali Kota Batu—Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si menginstruksikan kepada instansi terkait untuk tetap tegas dan terus melanjutkan proses perbaikan jembatan Sisir.
Instruksi ini berkaitan dengan adanya kelompok tertentu yang menolak dirobohkannya jembatan yang ada sebagai upaya perbaikan guna mencegak terjadinya banjir. Penegasan itu disampaikan Wali Kota dalam Apel Pagi para ASN yang digelar di Kantor Balaikota Among Tani Batu, Senin (10/2).
Diketahui, pekan lalu Pemkot Batu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) melakukan perbaikan jembatan Sisir dengan merobohkan jembatan yang sudah ada.
Dalam perkembangannya, muncul kelompok kecil dalam masyarakat (Kelurahan Sisir) yang menolak dirobohkannya jembatan yang ada. Alasannya, tidak adanya jembatan akan mengganggu aktivitas perekonomian mereka.
“Dilakukannya perbaikan ini (dengan mengganti jembatan yang ada) bertujuan untuk kepentingan yang lebih besar. Yakni, untuk mencegah terjadinya lagi banjir di wilayah (Kelurahan) Sisir. Untuk itu proses perbaikan jembatan ini harus terus dilanjutkan,” ujar Wali Kota Dewanti Rumpoko saat memimpin apel pagi, kemarin (10/2).
Wali Kota menegaskan kepada instansi terkait untuk terus melanjutkan program perbaikan jembatan Sisir yang sudah dalam proses pengerjaan.
Meskipun sempat muncul penolakan, namun Wali Kota yakin jika manfaat dari jembatan Sisir yang baru nanti akan jauh lebih besar dan untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas.
Sebelumnya, Eksekutif dan Legislatif Kota Batu telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) bersama di kawasan Jl.Semeru, Kelurahan Sisir, Selasa (4/2).
Sidak tersebut mencari penyebab terjadinya banjir setiap kali hujan deras turun di kawasan itu. Setelah sidak, Dinas terkait langsung melakukan action untuk membongkar bangunan jembatan Sisir yang disinyalir menjadi penyebab banjir tiap kali turun hujan.
“Dalam sidak yang kita lakukan diketahui bahwa penyebab banjir di kawasan ini setiap kali hujan deras turun dikarenakan saluran drainase di bawah jembatan Sisir terlalu kecil. Hal ini membuat air meluap dari kali (sungai) saat turun hujan,” ujar Kamim Tohari, Ketua Komisi C DPRD Batu.
Dengan hasil sidak tersebut, Pemkot melalui DPUPR langsung melakukan action. Mereka langsung mendatangkan alat berat untuk pembongkaran drainase yang ada di jembatan Sungai Sisir yang memiliki diameter terlalu sempit.
Dari hasil kajian, DPUPR akan membongkar empat titik jembatan Sungai Sisir yang saluran drainasenya terlalu kecil. Hal itu ditegaskan langsung oleh Kepala DPUPR Kota Batu, Ir. Himpun.
“Kita harus melakukan aksi penanganan banjir. Kasihan warga di sini yang terdampak banjir sehingga drainase yang ada di jembatan kita bongkar dan kita perbaiki,” ujar Himpun.n [nas]

Tags: