Wali Kota Batu Pastikan Harga Pangan Aman dan Terjangkau

Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi dan forkompimda serta TPID saat melakukan sidak harga bahan pangan di Pasar Besar Batu, Rabu (5/5).

Kota Batu,Bhirawa
Semakin mendekati Lebaran 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) berupaya memberikan jaminan ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan bahan lain yang banyak dicari saat Lebaran.

Hal ini dilakukan dengan menggelar sidak di Pasar Besar Batu yang dipimpin langsung Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi dan forkompimda serta TPID. Hasilnya, semua stok bahan pokok tersedia dengan harga yang rata- rata stabil.

“Semua bahan pokok rata- rata harganya stabil. Yang sedikit mengalami kenaikan adalah daging,”ujar Dewanti usai sidak di Pasar Besar Batu, Rabu (5/5).

Namun demikian masih ada bahan pokok yang mengalami kenaikan. Yaitu, harga ikan laut. Untuk ikan bandeng yang semula per Kg hanya Rp 32 ribu, kini naik menjadi 35 ribu. Adapun untuk ikan tongkol yang semula per Kg hanya Rp 35 ribu kini menjadi Rp 40 ribu.

“Mungkin karena faktor cuaca dan juga lokasi Kota Batu yangf jauh dari laut yang membuat harga ikan laut menjadi naik tinggi,”jelas Dewanti.

Meskipun menemukan ada harga bahan pokok yang naik, tim sidak juga menemukan adanya bahan pokok yang mengalami penurunan. Di antaranya, minyak goreng yang semuka Rp15 ribu kini menjadi Rp 14 ribu per liter. Kemudian daging ayam yang saat awal puasa seharga Rp 40 ribu, kini turun jadi Rp 35-38 ribu per kg.

Pada intinya dari hasil sidak pasar kemarin Dewanti memastikan bahwa ketersedian dan harga bahan pokok masih aman dan stabil hingga akhir bulan Mei. Jikalau nantinya ditemukan ada kenaikan di sejumlah bahan sembako, maka pemkot akan melakukan intervensi dengan menggelar pasar murah.

“Selain itu untuk menjaga harga tetap stabil kami bersama TPID akan berkoordinasi dengan lintas daerah untuk saling memenuhi kebutuhan sembako,” tambah Dewanti.

Selain menggelar sidak di Pasar Besar, wali kota bersama forkompimda juga melaksanakan sidak pangan di super market. Di antaranya menggelar sidak di Lippo Plaza Batu untuk memastikan bahan pangan tidak ada yang kadaluwarsa. Artinya semua bahan pangan tersebut aman dan masih layak dikonsumsi masyarakat.
Aksi sidak di supermarket ini juga memastikan produk makanan yang dijual terjaga kualitasnya.

“Hal ini mempertimbangkan jelang Lebaran biasanya juga banyak masyarakat yang memilih berbelanja kebutuhan Lebarannya di super market,”tandas Dewanti.(nas.adv)

Tags: