Wali Kota Blitar Santoso Resmi Letakan Batu Pertama Pembangunan AKN PSF

Tampak Wali Kota Blitar, Drs. H Santoso, MPd saat resmikan pembangunan Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar (AKB) dengan melakukan peletakan batu pertama yang ditandai dengan sirine pemasangan tiang pancang di eks gedung RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar, Kamis (18/6) kemarin.

Sebagai Kado Bulan Bung Karno Kota Blitar Tahun 2020
Kota Blitar, Bhirawa
Dalam rangka meningkatkan dunia pendidikan pada jenjang Perguruan Tinggi di Kota Blitar dan sebagai kado Peringatan Bulan Bung Karno tahun 2020, Wali Kota Blitar, Drs. Santoso, MPd secara resmi melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar (AKN PSF), Kamis (18/6) kemarin.

Wali Kota Blitar, Drs. Santoso, MPd mengatakan adanya pendidikan jenjang Perguruan Tinggi Negeri di Kota Blitar menjadi program prioritas Pemerintah Kota Blitar untuk meningkatkan jenjang pendidikan bagi masyarakat Kota Blitar, dimana saat ini menurutnya sektor pendidikan menjadi perhatian khusus dari Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar.

“Bersamaan dengan peringatan Bulan Bung Karno yang diperingati setiap bulan Juni, pembangunan Kampus Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar sebagai kado untuk masyarakat Kota Blitar,” kata Wali Kota Blitar, Drs. Santoso, MPd.

Lanjut Wali Kota Santoso, adanya Perguruan Tinggi Negeri di Kota Blitar sudah cukup lama diharapkan masyarakat Kota Blitar untuk bisa kuliah di Kota Blitar yang selama ini siap difasilitasi oleh Pemerintah Kota Blitar, dimana adanya pembangunan gedung perguruan tinggi negeri ini merupakan tindak lanjut kerjasama antara Pemkot Blitar dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Bahkan rencana ini sudah diawali sejak tahun 2012 lalu yang berlokasi di lahan bekas gedung RSUD Mardi Waluyo lama dengan anggaran sekitar Rp. 17,625 miliar, dimana ditargetkan selesai pertengahan bulan Desember tahun ini untuk pembangunan tahap pertama.

“Pembangunan Kampus Negeri di Kota Blitar sudah kita tunggu-tunggu sejak lama, dan alhamdulillah dapat terealisasi tepat di Bulan Bung Karno tahun ini,” jelasnya.

Selain itu dikatakan Wali Kota Santoso, adanya Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar menjadi kampus yang representatif, dimana pihaknya juga berharap kedepan kampus ini akan dapat membawa perubahan ekonomi masyarakat di Kota Blitar atau Bumi Bung Karno.

“Saat ini baru titik pertama yang akan dibangun, yakni untuk sekretariat dan ruang kuliah, pembangunan ini akan berlanjut secara multiyears, setiap tahun akan diajukan usulan untuk menyempurnakan masterplan yang telah dirancang,” ujarnya.

Bahkan dikatakan Wali Kota Santoso, untuk pembangunan gedung kampus ini seluruh anggaran bersumber dari Dikti yang berada di bawah naungan Kemendikbud. Dan dalam sharing ini, Pemkot Blitar memiliki kewajiban mempersiapkan lahan untuk pembangunan kampus.

“Pemkot Blitar hanya menyiapkan lahan produktif yang berada di Kecamatan Sananwetan yang merupakan lahan eks RSUD Mardi Waluyo lama sebagai bentuk sharing terwujudnya Kampus Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar, Pudji H, dalam sambutanya menyampaikan pembangunan gedung kuliah AKN PSF ini merupakan project nasional yang didanai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Pemkot Blitar.

“Awal project ini dirintis sejak tahun 2012, dimana pada waktu itu Bapak Wali Kota Santoso masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, sehingga Pak Wali Kota Santoso juga memiliki peran yang sangat besar mulai direncanakan sampai dibangun tahun ini, mudah-mudahan pembangunan ini berjalan lancar dan selesai akhir Desember tahun ini,” harapnya. [htn.adv]

Tags: