Wali Kota Keluhkan Pengelola Pelabuhan Tak Peduli Banjir

Tri Rismaharini

Tri Rismaharini

Pemkot Surabaya, Bhirawa
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengeluhkan pengelola PT Pelabuhan Indonesia III yang tak peduli banjir diwilayahnya. Hal ini dikarenakan banyak warga yang tinggal disekitar pelabuhan mengeluhkan adanya banjir dikampung mereka.
”Kapan hari warga disana mengeluh ke Pemkot Surabaya dengan terjadinya banjir. Karena warga disana masuk dalam wilayah pelabuhan tentu harus ada upaya pengendalian banjir dari pengelola pelabuhan,” kata Risma minggu (6/4).
Untuk itu menurut Risma karena saluran diwilayah pelabuhan juga menuju utara, otomatis Pemkot Surabaya yang menanggung semua pengendalian banjir disana.
”Ternyata operasionalnya tidak ada untuk itu saya langsung take over karena saya tidak hanya menyelamatkan akses ke pelabuhan akan tetapi juga menyelamatkan warga disana,” tegasnya.
Mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan ini juga menyayangkan dimana semua opersional pengendalian banjir di kawasan pelabuhan ditanggung seluruhnya oleh Pemkot Surabaya.  Sedangkan kontribusi pelabuhan kepada Pemkot Surabaya tidak ada sama sekali.
Risma mencontohkan seperti pelabuhan di Rotterdam negeri Belanda dimana pelabuhan ada dibawah pengelolaan Pemerintah Kota Rotterdam.
Karena di Surabaya kawasan pelabuhan ada dibawah pengelolaan PT Pelindo III, Risma menginginkan adanya saling menghormati dan peduli.
”Sebenarnya kita juga butuh, untuk itu kita harus peduli jangan sampai ada menang-menangan,” ujar Wali Kota. Diakui Wali Kota selama ini Pemkot Surabaya tak menerima apapun kontribusi dari pelabuhan, namun semua dampak dari pelabuhan Pemkot Surabaya yang menanggungnya. [dre]

Tags: