Wali Kota Madiun Buka Festival Batu Mulia Nusantara di PBM

Wali Kota Madiun, H. Maidi di dampingi Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun, Gaguk Hariyono setelah membuka Festival Batu Mulia Nusantara di PBM, Sabtu (19/1) mencoba memakai akik dan ditunjukan kepada pengunjung seperti dalam [sudarno/bhirawa]

(Kembangkan Usaha Seniman Batu Akik)
Kota Madiun, Bhirawa
Wali Kota Madiun, H. Maidi, membuka Festival Batu Mulia Nusantara (BMN) di Pasar Besar Madiun (PBM) Kota Madiun tanggal, 17, 18 dan19 Januari 2020. Pada kegiatan tersebut, pelaku usaha batu mulia dari berbagai daerah di Indonesia datang dan memamerkan karya dan barang dagangannya kepada penikmat akik di Kota Madiun dan sekitarnya.
“Diharapkan, kegiatan ini bisa menjadi jujugan bagi penikmat batuakik. Juga menjadi sarana mengembangkan usaha bagi para seniman batu mulia,”kata Wali Kota Madiun Maidi saat membuka acara tersebut, Sabtu (18/1).
Menurut Wali Kota Maidi, kegiatan tersebut tidak akan berhenti di situ saja. Justru, menjadi pembuka program Pemkot ke depannya.Yakni, menyediakan area khusus bagi perajin akik untuk menggelar dagangannya.”Untuk itu, kami mohon masukan bagi para perajin apa saja yang perlu kami benahi,” ujarnya.
Tak hanya berjualan akik, area tersebut juga akan dimeriahkan dengan berbagai hiburan yang seru. Sehingga, dapat menarik pengunjung lebih banyak. Karena itu, Wali Kota Madiunakan terus mengembangkan pondasi ekonomi kerakyatan di Kota Madiun. Sehingga, Kota Madiun semakin ramai dan masyarakat semakin sejahtera.
Juga, selain pasar akik, tahun ini pemkot juga akan menyediakan stan khusus oleh-oleh khas Kota Madiun di selatan balaikota. Juga, akan diadakan pembenahan pasar burung dan merelokasi pasar bunga Jalan DI. Panjaitan.”Kota kita sedang membangun. Kalau semua sudah dibenahi, maka kota kita akan semakin sempurna. Tidak kalah dengan daerah lainnya,”ungkap Wali Kota.
Untuk itu, Wali Kota juga berpesan kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan.Juga, mendukung upaya pemkot dalam memajukan Kota Madiun.”Mari kita bangun, kita pelihara, sehingga menjadi kota yang membanggakan,”tegasnya.
“Yang jelas, festival batu mulia nusantara di PBM itu, dalam upaya pembangunan untuk kemajuan kota, meningkatkan ekonomi kerakyatan selalu menjadi landasan tujuan Pemkot Madiun. Karenanya, berbagai program dan kegiatan dilaksanakan untuk mendukung para pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya,”pungkas Wali Kota Maidi. [dar]

Tags: