Wali Kota Madiun Dorong Inovasi Baru Harus Terus Dimunculkan

Wali Kota Madiun, Maidi saat menghadiri pelatihan produksi permen sambel pecel di Rumah Dinas Wali Kota Madiun, Senin (25/9). [sudarno/bhirawa]

Kota Madiun, Bhirawa.
Kota Madiun dan pecel memang tidak bisa dipisahkan. Namun, brand tersebut wajib terus diperkuat. Salah satunya dengan dimunculkan produk-produk baru dari olahan pecel.

Seperti inovasi permen pecel yang digagas kelompok pedagang pecel yang dinamakan Juragan Pecel Kota Madiun. Inovasi permen pecel itupun mendapat apresiasi dari Wali Kota Madiun, Maidi.

”Kita memang butuh inovasi-inovasi seperti ini. Kita harus bisa terus berkreasi agar pecel kita tetap eksis,” kata Wali Kota Madiun, Maidi saat menghadiri pelatihan produksi permen sambel pecel di Rumah Dinas Wali Kota Madiun, Senin (25/9).

Wali Kota menambahkan inovasi diharapkan tidak hanya unik. Namun, juga harus berkualitas dan menarik. Permen pecel, kata Wali Kota, memang cukup menarik. Tetapi produknya juga harus berkualitas dan dikemas secara menarik.

Wali Kota menyebut Pemerintah Kota Madiun terus berupaya mempromosikan sambal pecel ke berbagai dunia. Beberapa di antaranya gagal diterima karena saat dibuka sudah muncul jamur dan bau.

”Ini masih menjadi PR kita. Karena kemarin saat tiba di Belanda malah tengik. Semoga ke depan bisa dikemas lebih baik dan bisa tahan lebih lama,”ujarnya.

Wali Kota Maidi pun mengucapkan terima kasih kepada kelompok pedagang pecel yang sudah menggelar pelatihan inovasi tersebut. Harapannya, permen pecel bisa berkembang dengan hadir di setiap warung pecel di Kota Madiun.

”Terima kasih sekali, yang seperti ini harus terus dimunculkan,” jelasnya.

Pelatihan setidaknya diikuti puluhan pedagang pecel di Kota Madiun. Mereka terbagi dalam beberapa kelompok. Hasil pembuatan permen pun juga dilombakan. Harapannya, peserta bisa lebih bersemangat. [dar.gat]

Tags: