Wali Kota Madiun Imbau OPD Tingkatkan Kinerja, Pelayanan dan Penyusunan SAKIP

Tampak peserta apel pejabat struktural di lingkup Pemkot Madiun Senin (3/2). [sudarno/bhirawa]

Kota Madiun, Bhirawa
Wali Kota Madiun, H. Maidi mengimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengoptimalkan kinerja yang dimiliki. Dalam hal ini, terutama yang berkaitan dengan penyusunan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan (SAKIP).
“Karena selama 5 atau 6 tahun selalu dapat predikatB dalam urusan akuntabilitas publik, sejak saya jadi Sekda. Saat ini kita sudah didahului daerah lain. Ini yang menjadi PR kita bersama,”kata Wali Kota Madiun, H. Maidi, saat memimpin apel pejabat struktural pada Senin (3/2).
Dijelaskannya, dalam hal ini, ada lima indikator penilaian yang berkaitan dengan SAKIP harus segera dipenuhi dan dikerjakan dengan baik. Mulai dari perencanaan, pengerjaan, hingga evaluasi dan pengerjaan laporan secara formal dan legal.
“Peran eselon 2 harus terlihat disini.Laporan kinerja, evaluasi internal, OPD harus bisa mengevaluasi mulai perencanaan, pelaksanaan, sampai outcome.Saya sangat berharap ke teman-teman, kinerja terus ditingkatkan dan formal legal penilaian harus di kawal,”ungkap Wali Kota.
Dalam hal ini lanjut Wali Kota, dirinya juga mengapresiasi laporan keuangan daerah (LKD) yang telah berhasil diselesaikan, dan diserahkan langsungoleh Wali Kota Madiun Maidi ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jawa Timur belum lama ini.
“Saya ingin menunjukkan walaupun sakip kita B, kita bisa jadi yang pertama memberikan LKD.Kita ingin menunjukan bahwa kita bisa. Saya berharap, mudah-mudahan dari hasil laporan keuangan, setelah diperiksa kita bisa mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP),”kata Wali Kota berharap. [dar]

Tags: