Wali Kota Madiun Pimpin Upacara Detik – detik Proklamasi Digelar Virtual

Wali Kota Madiun, Maidi (tengah) disaksikan Forkopimda Kota Madiun memotong tumpeng usai mengikuti detik detik Upacara Kemerdekaan RI ke 75 di halaman tengah Pemkot Madiun, Senin (17/8). [sudarno/bhirawa]

Kota Madiun, Bhirawa
Puncak HUT ke-75 Kemerdekaan RI diperingati secara sederhana. Upacara detik – detik Proklamasi hanya dilakukan di tingkat pusat tepatnya di Istana Merdeka, secara terbatas. Pejabat di pemerintah daerah mengikuti secara virtual. Tak terkecuali Wali Kota dan Forpimda Kota Madiun yang mengikuti kegiatan di GCIO Dinas Kominfo Kota Madiun. Kendati secara virtual, kegiatan peringatan tetap berjalan khidmat.

”’Forkopimda plus semuanya hadir mengikuti upacara secara virtual. Alhamdulillah berjalan lancar,” kata Wali Kota Madiun Maidi usai kegiatan, Senin (17/8).

Upacara detik – detik Proklamasi memang terasa berbeda. Kegiatan tak berlangsung di Istana Negara seperti biasa. Namun, berlangsung di Istana Merdeka. Tidak ada Tim 8, Tim 17, dan Tim 45 dalam pasukan pengibar bendera. Pengibaran Sang Saka Merah Putih hanya dilakukan tiga orang. Sedang, Tim Paduan Suara dan Orchestra dilakukan secara virtual.

Begitu juga dengan di Kota Madiun. Peserta upacara secara virtual itu juga terbatas. Kursi masing – masing tempat peserta juga berjarak dengan semua peserta mengenakan masker. Pemandangan berbeda terlihat setelahnya. Wali Kota mengajak Forpimda untuk tasyakuran dan potong tumpeng di halaman tengah Balai Kota. Potong tumpeng juga sarana memanjatkan doa kepada Tuhan YME agar Covid-19 segera berlalu. ”Setelah upacara kita teruskan potong tumpeng. Kita berdoa agar Covid-19 ini segera meninggalkan tanah air dan Kota Madiun,” kata Wali Kota berharap.

Komandan Kodim 0803/Madiun, Letkol Czi Nur Alam Sucipto menambahkan, ada banyak harapan dalam peringatan HUT Kemerdekaan kali ini. Senada dengan wali kota, Letkol Nur Alam juga berharap Covid 19 segera hilang dari tanah air. Letkol Nur Alam mengajak seluruh masyarakat turut berdoa agar Covid-19 segera berakhir. ”Dengan memperingati HUT Kemerdekaan ini semoga makin cinta dengan NKRI,” kata Dandim 0803 berharap.

Ungkapan senada juga disampaikan Kapolres Madiun Kota, AKBP R Bobby Aria Prakasa, yang mengajak masyarakat semakin meningkatkan kedisiplinan di tengah keprihatinan ini. Sebab, kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan merupakan bagian dalam perjuangan melawan Covid 19. Kapolres berharap peringatan HUT Kemerdekaan juga dibarengi dengan semangat melawan Covid 19.

”Di tengah keprihatinan ini tak mengubah khidmat suasana peringatan HUT Kemerdekaan RI. Mari semangat memperingati ini dijadikan semangat melawan Covid 19 secara bersama – sama,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Madiun, Andi Raya Bagus Miko Saputro menambahkan, Indonesia Maju yang menjadi tema peringatan kali ini juga harus dimaknai dengan sikap untuk kemajuan ke depan. Mulai kemajuan perekonomian, SDM, dan lain sebagainya. ”Indonesia Maju jangan hanya menjadi slogan. Tapi juga harus ditindaklanjuti dengan sikap kita untuk kemajuan di segala bidang,” kata Andi Raya. [dar]

Tags: