Wali Kota Madiun Resmikan Kampung Tangguh Semeru

Wali Kota Madiun Maidi didampingi Ketua Tim PKK Kota Madiun, Yuni Setyawati Maidi dan disaksikan Forkopimda meresmikan Kampung Tanggu Semeru berbasis PPKM mikro di lingkungan RW 11 dan RW 12 Kelurahan Kanigoro Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun ditandai pengguntingan pita, Senin (1/3). [sudarno/bhirawa]

Kota Madiun, Bhirawa
Peran serta masyarakat dalam pengendalian covid-19 cukup tinggi di Kota Madiun. Terbukti dengan hadirnya satu lagi Kampung Tangguh Semeru (KTS) di KotaMadiun. KTS berbasis PPKM mikro kali ini berada di lingkungan RW 11 dan RW 12 Kelurahan Kanigoro Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun yang diresmikan Wali Kota Madiun Maidi, Senin (1/3). ”Hadirnya kampung tangguh ini menandakan antusias masyarakat kita cukup tinggi dalam rangka mengerem covid-19,” kata Wali Kota.

Apalagi, fasilitas yang disiapkan cukup lengkap. Dalam kampung tangguh ini, sudah menjalankan fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung pelaksanaan. Fasilitas yang disiapkan di antaranya 20 kamar ruang isolasi, mobil siaga, delapan dokter dan dua perawat, hingga kolam lele, patin, gurame, dan nila untuk urusan ketahanan pangan.

Selain itu terdapat omah guyup untuk urusan musyawarah hingga posko KTS itu sendiri. ”Apa yang menjadi arahan pemerintah termasuk dari pak Dandim, pak Kapolres sudah dijalankan cukup. Artinya, benar-benar diterapkan,” tegas Wali Kota.

Wali Kota menambahkan partisipasi masyarakat dalam pengendalian covid-19 memang penting. Karenanya, pemerintah terus berupaya mendorong masyarakat agar turut bergerak. Itu sesuai dengan arahan Presiden RI terkait intervensi berbasis lokal. Hal itu disambut antusias masyarakat. Masyarakat berlomba-lomba membuat kampung tangguh untuk menjaga lingkungannya, menjaga warganya dari covid-19. ”Masyarakat turut berlomba mengerem covid-19. Ini penting sekali, makanya kita berkeliling untuk mengecek kira-kira adakah kekurangan dan akan kita sempurnakan,” pungkas Wali Kota.[dar]

Tags: