Wali Kota Maidi Paparkan Strategi PUG Kota Madiun

Tampak Wali Kota Madiun Maidi mengikuti kegiatan verifikasi lapangan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 yang digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, secara virtual dari Gedung GCIO Diskominfo Kota Madiun, Selasa (23/3). [sudarno/bhirawa]

Pemkot Madiun, Bhirawa
Wali Kota Madiun Maidi mengikuti kegiatan verifikasi lapangan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 yang digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Selasa (23/3).

Kegiatan yang dilakukan secara virtual dari Gedung GCIO Diskominfo Kota Madiun ini turut dihadiri Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri, Ketua TP PKK Yuni Setyawati Maidi, serta sejumlah kepala OPD terkait lainnya.

Acara ini bertujuan untuk melihat lebih dalam data dan informasi pengarustamaan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi.

Sehingga, tim penilai memperoleh data yg lebih lengkap, komprehensif dan objektif sebagai dasar pertimbangan dalam menominasikan calon penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

“Tadi sudah kami paparkan data-data dari Kota Madiun. Semoga bisa menjadi pertimbangan dewan juri dan kita bisa meraih penghargaan ini,” tutur Wali Kota.

Seperti diketahui, APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak. Serta, memenuhi kebutuhan anak. Sehingga, mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) di daerah tersebut.

Untuk itu, Wali Kota pun berharap Kota Madiun mampu meraih penghargaan tersebut. Dalam paparannya wali kota mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan untuk memberikan kesetaraan gender.

Mulai dari mendukung program pemberdayaan perempuan, peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) di Kota Madiun, hingga peningkatan angka harapan hidup masyarakat. Selain itu, juga membangun fasilitas untuk mendukung kebutuhan masyarakat.

Tak hanya itu, Pemkot Madiun juga memberikan kesempatan kepada perempuan untuk memiliki jabatan sesuai dengan kualifikasi masing masing. “Dengan meraih penghargaan ini berarti program PUG di Kota Madiun sudah berjalan dengan baik. Kami optimis bisa meraihnya. Tentu nantinya akan terus ditingkatkan,” tegas Wali Kota. [dar]

Tags: