Wali Kota Malang Pastikan Jalan Cemoro Kandang Dibangun Tahun Ini

Wali Kota Malang Sutiaji saat melakukan peninjauan jalan berlubang di  kawasan Cemorokandang Senin 13/1 kemarin

Kota Malang, Bhirawa
Wali Kota Malang Sutiaji, memastikan jika jalan berlubang di sepanjang  Cemorokandang akan dibangun pada tahun 2020 ini. Karena itu pihaknya melakukan sidak di berberapa titik pada ruas jalan tersebut, Senin 13/1 kemarin.
Menurut Sutiaji, memasuki musim hujan, sejumlah jalan di Kota Malang banyak yang mengalami kerusakan. Untuk di Cemorokandang akan diselesai tuntas.
Kerusakan tak hanya terdapat di satu sisi saja. Namun merata di sepanjang Jalan Raya Cemorokandang, hingga perbatasan wilayah Kota dan Kabupaten Malang. Salah satu penyebabnya disebut dikarenakan gerusan air hujan.
Sutiaji menyampaikan, kondisi jalan memiliki kemiringan yang membuat air hujan tidak mulus mengalir ke drainase atau saluran air. Namun banyak mengalir tepat pada jalanan dan berdampak pada penggerusan aspal. Sehingga jalan mengalami kerusakan cukup parah.
Wali Kota yang juga seorang ustadz ini, menyampaikan, ada beberapa hal yang tidak mungkin hanya dilakukan oleh Kota Malang sendiri. Melainkan perlu ada keselarasan dengan Kabupaten Malang dan Kota Batu.
Sementara itu, Ir. Hadi Santoso, Kepala  Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, menambahkan, penggerusan terhadap aspal terjadi lantaran air dari timur bergerak ke bawah (barat) dan tidak masuk saluran drainase. Sehingga secara otomatis menggerus aspal.
Pria yang akrab disapa Sony itu menyampaikan, kemiringan jalan akan diarahkan ke sisi drainase. Penanganan itu dipastikan dilakukan pada tahun anggaran 2020 ini. Dengan begitu, dia berharap air tak lagi mengalir deras ke arah jalanan dan menggerus aspal.
“Akan ditata ulang agar masuk ke drainase. Kebetulan memang saat ini di sana drainase hanya ada pada satu sisi saja,”tukasnya.
Dari pantauan adi sejumlah titik, kerusakan kebanyakan terjadi di pinggiran Kota Malang.
Titik terparah berada di Jalan Kedungrejo (Cemorokandang) Di sana banyak sekali ditemukan jalan berlubang di sepanjang jalan.
Akibatnya, banyak pengendara yang mengeluh akibat kerusakan aspal jalan tersebut.
Mengingat, jalan ini merupakan akses dari Kota Malang menuju ke Kabupaten Malang. [mut]

Tags: