Wali Kota Pasuruan Ingatkan ASN Jaga Profesionalitas

Wali Kota Pasuruan, H Saifullah Yusuf saat melantik puluhan ASN jabatan fungsional di Gedung Gradika Bhakti Praja Kota Pasuruan, Selasa (24/1). [Hilmi Husain/Bhirawa]

Pemkot Pasuruan, Bhirawa.
Wali Kota Pasuruan, H Saifullah Yusuf meminta kepada ASN Pemkot Pasuruan senantiasa menjaga nilai profesionalitas, termasuk memiliki nilai dasar etika profesi serta bebas intervensi politik.

Makanya, ASN harus memahami tugas dan tanggung jawabnya. “Bebas intervensi sangat dibutuhkan. Tentu ini untuk melaksanakan profesi dengan benar di jalur yang tepat. Apalagi, sekarang ada praktek KKN yang terus ditekan sejak masa reformasi. KKN harus ditekan terus, kemudian dibentuk aturan-aturan yang kuat dan ini menjadi pegangan buat temen-temen ASN semua,” ujar Gus Ipul sapaan akrabnya saat melantik ASN Pemkot Pasuruan jabatan fungsional di Gedung Gradika Bhakti Praja Kota Pasuruan, Selasa (24/1).

Sedangkan, momentum pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut pada intinya menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas dan kesejahteraan PNS.

“Saya berharap pelantikan ini bukan hanya sebagai formalitas untuk menduduki suatu jabatan. Tapi, harus bisa mampu melaksanakan tugas sesuai keahlian dan keterampilan mandiri dan professional,” tambah Gus Ipul.

Pejabat nomer satu di Kota Pasuruan ini mengajak para PNS agar tidak bekerja semata-mata untuk memenuhi target pribadi. Namun, juga bekerja dengan sepenuh hati.

“Bekerjalah dengan sepenuh hati, disiplin dan mampu memahami substansi pekerjaan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” jelas Gus Ipul.

Gus Ipul menambahkan bahwa Pemkot Pasuruan saat ini menunjukkan suatu perubahan. Di akhir tahun 2022 kemarin menghasilkan kinerja yang jauh lebih baik dibanding dengan tahun sebelumnya.

Banyak prestasi yang dicapai utamanya dalam mencegah korupsi, meningkatkan kinerja ASN di Pemkot Pasuruan serta tata kelola keuangan dan pemerintahan ditandai dengan nilai SAKIP naik.

“Saya ucapkan terimakasih kepada perangkat daerah yang sudah bekerjasama untuk meningkatkan kinerjanya dengan baik. Sehingga, Kota Pasuruan meraih sejumlah prestasi seperti halnya tata kelola keuangan dan pemerintahan yang ditandai dengan nilai SAKIP yang naik,” urai Gus Ipul.

Terinci, total ASN Pemkot Pasuruan yang dilantik berjumlah 52 orang. Rinciannya, ada tujuh orang pengangkatan pertama dalam jabatan fungsional, 43 orang kenaikan jenjang dalam jabatan fungsional, 1 orang perpindahan jabatan dalam jabatan fungsional hingga 1 orang pengangkatan kembali dalam jabatan fungsional. [hil.dre]

Tags: