Wali Kota Probolinggo Blusukan Temui Warga Isoman

Wali kota Hadi temui warganya yang sedang Isomah. [wiwit agus pribadi/bhirawa]

Pemkot Probolinggo, Bhirawa
Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin memberi apresiasi terhadap aksi “Batman” (bantuan vitamin warga isolasi mandiri) yang dilakukan Camat Mayangan bersama Lurah serta perangkat RT/RW di wilayah Kecamatan Mayangan.

Aksi Batman kali ini dilakukan di wilayah Kelurahan Sukabumi. Tanpa segan wali kota turun langsung ikut berkeliling membagikan bantuan bagi warga yang terpapar covid-19 dan menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah, Minggu (25/7) malam.

Program Batman merupakan salah satu upaya untuk menurunkan kasus aktif Covid-19 di Kota Probolinggo khususnya di wilayah Kecamatan Mayangan.

Paket bantuan yang diberikan yakni berupa masker, vitamin, bahan minuman herbal kayu secang dan wedang secang yang bisa diminum langsung serta sembako.

“Mudah-mudahan dengan bantuan vitamin dan sembako ini dapat mempercepat kesembuhan. Saya ingin memastikan warga yang menjalani isoman di rumah tetap terpantau kesehatannya. Apabila ada keluhan segera menghubungi (call center) 112,” pesan wali kota sambil membagikan bantuan kepada salah satu warga yang menjalani isoman.

Dalam kesempatan ini juga, wali kota mengatakan ingin memantau langsung kondisi warga dan kebutuhan mereka selama menjalani isoman.

“Jangan sampai warga terkendala kebutuhan. Upaya membagikan bantuan vitamin dan sembako ini agar kebutuhan mereka terpenuhi dan tidak ada aktivitas di luar rumah,” ujarnya.

Ia juga menyelipkan harapan, upaya yang dilakukan ini dapat memberikan edukasi bagi masyarakat bahwa tantangan pandemi ini membutuhkan kebersamaan.

“Saya minta kepada kelurahan dan kecamatan bersama 3 pilar dan RT RW untuk memastikan kebutuhan hidup warga yang isoman dapat terpenuhi. Mari kita semua peduli dan saling membantu karena kita butuh kebersamaan,” sambung Habib Hadi.

Sementara itu, penggagas Batman Camat Mayangan M.Abbas didampingi Lurah Sukabumi Angga Budi Pramudya mengatakan warga yang menjalani isoman di rumah yang didatangi adalah warga yang berkenan menerima bantuan secara langsung.

Kami ingin memberikan support dan memastikan warga tetap melaksanakan protokol kesehatan. Kelurahan Sukabumi merupakan kelurahan terakhir dalam putaran pertama program Batman ini. Tidak menutup kemungkinan Batman akan beraksi kembali di putaran kedua. Semoga bantuan kecil ini bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Merujuk data kasus aktif Covid 19 di Kota Probolinggo yang masih relatif tinggi, Minggu (25/7) malam, Camat Mayangan M. Abbas bersama Lurah Wiroborang Firman Wigahadi Pratama, Babinsa dan perangkat RT/RW berinisiatif melakukan pengecekan sekaligus memberikan Bantuan Vitamin untuk Isolasi Mandiri (Batman) kepada warga di lingkungan Kelurahan Wiroborang.

“Kami melakukan kegiatan sebagai inisiatif kami, dalam rangka mengupayakan menurunkan kasus Covid 19 ini yang di Kota Probolinggo sangat tinggi sekali, utamanya di Kecamatan Mayangan total 185 itu yang aktif,” terang M. Abbas.

Selain memastikan protokol kesehatan dan kondisi kesehatan warga yang sedang isolasi mandiri, juga diberikan paket multivitamin, masker serta bahan minuman herbal kayu secang yang dipercaya mampu meningkatkan imunitas.

“Jadi kami memberikan vitamin dan juga kayu secang, Kayu secang adalah salah satu kayu yang punya manfaat yang luar biasa, diantaranya meningkatkan imun tubuh yang dibutuhkan untuk masa pandemi ini. Mudah-mudahan itu bisa bermanfaat untuk bisa mencegah virus korona,” beber Camat Mayangan.

Menurut Lurah Wiroborang Firman Wigahadi, dari hasil kunjungan ke warga yang sedang menjalani isolasi mandiri, rata-rata menunjukan kesehatan yang semakin baik.

“Alhamdulillah sudah tidak ada yang bergejala, ada beberapa juga yang sudah mulai kembali pulang, sudah kembali pulang dari rusunawa. Kemarin (25/7) sudah 2 orang di RT 2 RW 2, yang sekarang baru selesai di RW 4 RT 5 ada 1 orang yang baru selesai isolasi mandiri, rata-rata semuanya sembuh sehat,” ungkap Firman.

Kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri, M. Abbas berharap agar selalu patuh protokol kesehatan dan segera sehat kembali. “Ya mudah-mudahan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri segera pulih kembali kemudian tetap disiplin, tidak keluar, tidak memberikan kontak kepada warga yang lain dan cepat pulih seperti sedia kala,” pesannya.

Setelah Kelurahan Wiroborang, rencananya juga akan di gelar kegiatan serupa untuk semua Kelurahan di wilayah Kecamatan Mayangan dan kecamatan lainnya di kota Probolinggo yang warganya melakukan Isomah, tambah Wali kota Hadi. [wap]

Tags: