Wali Kota Sambut Baik Rencana Pendampingan Baca Tulis Alquran pada Siswa

Ikatan Pemuda Nahdlatul Ulama (IPNU) Kota Madiun akan memberi pendampingan baca tulis Alquran ke sekolah – sekolah di Kota Madiun. [sudarno]

Kota Madiun, Bhirawa
Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui dunia pendidikan memang tanggung jawab bersama. Tak terkecuali dari organisasi di luar pemerintahan. Diantaranya, Ikatan Pemuda Nahdlatul Ulama (IPNU) Kota Madiun ingin melakukan pendampingan baca tulis Alquran ke sekolah – sekolah di Kota Pendekar. Hal ini disambut baik Wali Kota Madiun, Maidi.
“Ini sesuatu yang baik. Kadang para siswa kurang memperhatikan soal baca tulis Alquran. Kini ada IPNU melakukan pendampingan soal itu. Tentu ini luar biasa,” kata wali kota di sela pertemuan dengan IPNU di Balai Kota Madiun, Rabu (3/8) malam.
Wali kota menyebut pelajar di Kota Madiun yang beragama Islam harus bisa baca dan tulis Alquran. Jam pertemuan di sekolah terkait pembelajaran itu dinilai masih kurang. Tak heran, orang tua menambah pembelajaran khusus keagamaan bagi putra – putrinya melalui Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan lain sebagainya. Adanya pendampingan dari IPNU tentu akan semakin mengoptimalkan pembelajaran baca tulis Alquran.
“Kota ini SDM nya tidak hanya cerdas dan berkualitas. Tetapi juga harus berakhlak dan berkarakter. Ini didapat salah satunya dari pendidikan agama,” jelasnya.
Sehingga Wali Kota Maidi berencana menyandingkan dengan Kurikulum Merdeka Belajar yang saat ini tengah berjalan. Artinya, pendidikan karakter pada peserta didik akan semakin kuat. Begitu juga dengan pemahaman terkait baca tulis Alquran. Wali kota berharap SDM Kota Madiun akan semakin berkualitas secara lahir dan batin ke depan.
“Karakter ini penting. Karenanya, kita terus tanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik. Mungkin ini bisa disondingkan dengan kurikulum merdeka belajar untuk semakin menguatkan karakter peserta didik,” tandas Wali Kota. [dar]

Tags: