Wamendag Jerry Sambuaga Pastikan Optimalisasi SRG

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lamongan.(Alimun Hakim/Bhirawa).

Lamongan, Bhirawa
Kontribusi pemerintah daerah serta pelaku usaha sangat diperlukan dalam mendorong optimalisasi Sistem Resi Gudang (SRG) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para petani. Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lamongan, yang disambut secara langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Wabup Abdul Rouf di Ruang Pertemuan Bina Praja Pemkab Lamongan, Kamis (10/9).

Pada kesempatan tersebut, Wamendag Jerry mengungkapkan dari total 23 gudang SRG yang dibangun oleh Kemendag yang terletak di Provinsi Jawa Timur dan tersebar di 17 Kabupaten satu diantaranya berada di Kabupaten Lamongan. Menurutnya, kehadirannya ke Lamongan selain mengobservasi gudang secara langsung juga memastikan pengoptimalan kemanfaatan SRG bagi masyarakat.

Selanjutnya, bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan, serta Kepala Biro Pembinaan dan Pengawasan SRG dan PLK Bappebti Kemendag, Widiastuti, Wamenag Jerry mengunjungi Gudang peninjauan di gudang SRG di Desa Bakalanpule, Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardag yang turut mendampingi saat peninjauan bersama Wamendag turut mendukung upaya pengembangan SRG yang dinilai mampu menjadi pendorong perekonomian bagi masyarakat.

Sementara itu Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menerima Wamendag di ruang kerjanya mengungkapkan, sebagai salah satu penyangga pangan nasional, perlunya memberi perlindungan kepada petani. Selain telah memfasilitasi petani untuk ikut asuransi usaha tani padi (AUTP), perlunya instrument untuk menjaga harga gabah yang turun saat puncak musim panen tiba.

Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., saat menerangkan keberadaan Gudang Sistem Resi Gudang (SRG) Tuban pada Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga.

Tinjau SRG Tuban

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga, juga berkesempatan meninjau Gudang Sistem Resi Gudang (SRG) Tuban yang berlokasi di Jalan Raya Tuban-Babat di Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kamis (10/06).

Dalam kunjungannya Wamendag didampingi Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., dan Bupati terpilih, Aditya Halindra Faridzky SE. Tampak hadir pula Kepala Disperindag Jawa Timur Drajat Irawan, Kepala Diskoperindag Tuban Agus Wijaya, dan Kepala Diskanak Tuban Amenan.

Kepada awak media Wamendag Jerry Sambuaga menyatakan, kunjungannya kali untuk memastikan SRG di berbagai wilayah telah beroperasi optimal. Salah satunya di Kabupaten Tuban yang telah beroperasi dan dikelola dengan baik. “Kami sampaikan apresiasi kepada Pemkab Tuban dan pengelola yang telah mendukung pelaksanaan SRG,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Noor Nahar Hussein mengatakan, Gudang SRG Tuban memiliki luas 1.400 meter persegi dengan kapasitas penyimpanan mencapai 2.400 ton. Pengelolaannya kerja sama dengan PT. Mahkota Surya Nusantara selaku pihak ketiga. Gudang ini juga menyediakan fasilitas pengeringan gabah (drying), dan pengolahan gabah (rice miling unit).

Usai meninjau Gudang SRG Tuban, Wamendag bersama rombongan mengunjungi pasar tradisional di Desa Plumpang. Wamendag menyempatkan berdialog bersama sejumlah pedagang dan membeli sejumlah bahan pangan, seperti beras, jagung, daging, telur, dan cabai.[aha,yit,hud]

Tags: