Warga Binaan Lapas Lamongan Diajak Cegah HIV/AIDS

6-yit-lapasLamongan, Bhirawa
Sebanyak 269 orang warga binaan pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Lamongan menerima pembinaan tentang bahaya HIV dan AIDS. Kegiatan yang bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Lamongan itu dibuka Sekkab Yuhronur Efendi, Kamis (20/11).
Yuhronur menyebut kegiatan itu bagian dari pencerahan bagi warga binaan pemasyarakatan di Lapas. Agar jangan sampai tertular HIV AIDS dan memiliki pengetahuan yang cukup terhadap orang dengan HIV AIDS (ODHA).
“Hari AIDS diperingati secara global karena ini adalah salah satu penyakit mematikan. Karena itu jangan sampai yang belum tertular menjadi tertular penyakit ini karena kekurangpengetahuan akan bahaya dan proses penyebarannya, ” jelas dia.
Terpisah, Kalapas Klas II Lmaongan Slamet Supartono menyebut kegiatan pagi itu bagian dari kegiatan Hari AIDS sedunia pada 1 Desember mendatang. Dikatakannya, warga binaan, terutama yang terkait masalah narkoba rentan terhadap HIV AIDS. “Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi warga binaan agar waspada dengan bahaya penularan HIV AIDS,” kata dia.
Lapas Klas IIB Lamongan saat ini dihuni sebanyak 269 orang warga binaan pemasyarakatan. Terdiri dai 116 orang tahanan (kasusnya belum diputus pengadilan) dan 153 orang narapidana (kasusnya sudah diputus pengadilan).
Sebanyak 62 orang diantaranya tersangkut masalah narkoba. Sementara itu dari sisi gender, sebanyak 255 orang adalah laki-laki dan sisanya, 14 orang perempuan. Data Dinas Kesehatan Lamongan menyebutkan, sejak Januari hingga Oktober 2014, jumlah penderita baru HIV AIDS yang ditemukan ada 86 orang. Yakni sebanyak 66 orang berstatus HIV dan 20 orang berstatus AIDS.
Jumlah penderita baru itu terdiri dari 52 orang laki-laki dan 34 orang perempuan. Sebanyak 68 orang penderita diketahui masih hidup dan 18 orang lainnya sudah meninggal dunia. Sedangkan di periode Januari hingga Nopember 2013 terdeteksi 207 orang penderita. Dengan rincian sebanyak 96 orang penderita HIV dan 111 orang berkategori AIDS. [yit]

Keterangan Foto : Sekkab Yuhronur Efendi didampingi Wakil Ketua KPA Lamongan A Farikh dan Kalapas Slamet Supartono. [yit/bhirawa]

Tags: