Warga Kelurahan Dawuhan Situbondo Sulit Dapatkan Tabung Gas 3 Kg

Sejumlah warga Situbondo antri untuk mendapatkan tabung gas ukuran 3 kg di salah satu distributor Selasa (17/11). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Sejumlah warga yang ada di Kelurahan Dawuhan Kecamatan Kota Situbondo Selasa (17/11), mengaku kesulitan mendapatkan tabung gas ukuran 3 kg. Akibatnya para ibu rumah tangga yang ada di Kota Santri itu tidak bisa memasak untuk memenuhi kebutuhan primer keluarganya. Dari catatan yang ada, menipisnya stock tabung gas elpiji ukuran 3 kg sudah cukup lama dirasakan masyarakat Situbondo.

Ani, salah satu ibu rumah tangga asal Kelurahan Dawuhan mengaku kesulitan membeli tabung gas melon di beberapa tempat di Situbondo. Ketika ditanya pemicunya, Ani juga mengaku tidak tahu menahu, menipisnya stock tabung gas 3 kg di sejumlah agen dan toko di Situbondo. Yang jelas, aku Ani, kondisi seperti ini mengganggu aktivitasnya sebagai ibu rumah tangga. “Apalagi saya juga membuat kue meski kecil-kecilan. Dengan sulitnya mendapatkan tabung gas 3 kg, otomatis usaha yang saya rintis mengalami kendala,” jelas Ani.

Sebagai ibu rumah tangga, Ani berharap Pemkab Situbondo segera turun tangan mengatasi kondisi yang dirasakan warga, utamanya di Kelurahan Dawuhan Situbondo. Ani juga mendesak, kondisi ini segera dipulihkan seperti sediakala saat warga mudah untuk membeli tabung gas ukuran 3 kg. “Tolong Pemkab Situbondo secepatnya membantu menormalkan kembali ketersediaan tabung gas ukuran 3 kg. Sebab, warga belakangan ini sangat kesulitan mendapatkan bahan bakar untuk memasak tersebut,” jelas Ani.

Umar, salah satu penjaga distributor gas elpiji yang ada di Lingkungan Karangasem Kelurahan Patokan Kecamatan Kota Situbondo, ketika dikonfirmasi sulitnya wrga mendapatkan suplai tabung gas ukuran 3 kg mengaku tidak tahu menahu penyebabnya. Itu karena, kata Umar, pengiriman tabung gas elpiji selama ini bejalan dengan stabil. “Kalau ditanya apa penyebabnya tabung gas ukuran 3 kg sulit didapatkan warga saya tidak tahu persis mas. Namun setahu saya pengiriman berjalan dengan stabil,” jelas Umar kemarin.

Sementara itu Kabag Perekonomian Pemkab Situbondo Imam Agus Ansori ketika ditanya komentarnya tentang keluhan warga yang mengalami kesulitan mendapatkan tabung gas ukuran 3 kg mengaku hingga saat ini belum mendapatkan laporan secara resmi tentang hal tersebut. {awi]

Tags: