Warga Kota Batu Dapat Layanan Kesehatan Gratis

Wali Kota Batu, Dra Dewanti Rumpoko MSi bersama Forkompimda saat melaunching kartu JKN KIS untuk warga Kota Batu di hotel Kampung Lumbung Batu, Rabu (14/10).

Kota Batu, Bhirawa
Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi menjamin dan memastikan semua warganya mendapatkan program pelayanan kesehatan gratis. Sejak 1 Oktober 2020 seluruh warga Kota Batu telah memiliki kartu JKN KIS. Dan Rabu (14/10) wali kota meluncurkan Universal Health Coverage (UHC) dengan jargon KWB Sehat Dengan Jaminan Kesehatan Semesta.
Wali Kota Dewanti mengatakan bahwa Pemkot akan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada semua Kota Batu. Hal ini direalisasikan melalui program JKN KIS atau Jaminan Kesehatan Nasional, Kartu Indonesia Sehat. “Dengan memiliki kartu KIS ini berarti pelayanan kesehatan untuk warga Kota Batu bisa diperoleh secara gratis,”ujar Dewanti, Rabu (14/10).
Lewat program ini Dewanti berharap agar terwujud KWB sehat dengan jaminan kesehatan semesta. Meskipun demikian, ia berharap agar kartu ini tetap tersimpan rapi di dompet tidak perlu dipergunakan karena warganya sehat.
Wali kota memastikan bahwa kesehatan masyarakatnya akan terlindungi. “Kalau sudah begitu maka warga akan ayem sehingga akan menambah kualitas kesehatan dan imun tubuh semua warga masing- masing,”tambah Dewanti.
Sebelumnya, lanjut wali kota, pihaknya melalui Dinas Pendidikan juga sudah melaksanakan pendidikan gratis. Dan di momen HUT Ke-19 Kota Batu (tgl 17 Okt), Pemkot Batu melalui Dinas Kesehatan kita bisa memberikan hadiah ulang tahun bagi warga berupa pelayanan kesehatan gratis. Dengan hadiah ini maka seluruh warga akan tercover oleh JKN KIS yang iuran bulanannya dibayar oleh pemkot.
Kepala BPJS Kesehatan Malang Raya, dr Dina Diana Permata mengatakan berkat kerja sama Pemkot Batu dengan BPJS Kesehatan akhirnya terwujud layanan kesehatan gratis untuk warga Kota Batu. “Alhamdulillah per 1 Oktober 2020 kita berhasil menambahkan JKN KIS pada 58 ribu jiwa sehingga total warga Kota Batu yang sudah memiliki kartu layanan sehat ini sebanyak 74.017 jiwa,” ujar Dina.
Hal ini menunjukkan betapa besar kepedulian Pemkot Batu terhadap kesehatan warganya. Karena jika kondisi warga sakit maka aktivitas perekonomian menjadi terhambat. Hambatan ini tidak bisa dihargai dengan nominal uang. “Karena itulah warga Kota Batu sangat beruntung memiliki pemerintahan yang sangat peduli terhadap kesehatan warganya,”pungkas Dina. [nas]

Tags: