Warga Kota Batu Tak Harus Datang ke RS untuk dapat Vaksinasi

Selama menunggu proses vaksinasi, petugas Satgas Penanganan Covid 19 tetap melakukan sterilisasi di tempat fasilitas publik.(Anas Bahtiar/ Bhirawa)

Kota Batu, Bhirawa
Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mempersiapkan tempat untuk mempermudah warga dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19. Selain empat ruma sakit yang ada di Kota Batu, Dinkes juga mempersiapkan lima puskesmas sebagai tempat vaksinasi Covid-19.

Diketahui, lima puskesmas yang bisa digunakan warga untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi adalah Puskesmas Batu, Sisir, Bumiaji, Beji, dan Puskesmas Junrejo. Adapun empat rumah sakit yang ada di Kota Batu semuanya menyediakan pelayanan vaksinasi. Yaitu, RS Hasta Brata, RS Karsa Husada, RS Baptis, dan RS dr Etty Asharto. “Vaksinasi Covid-19 di Kota Batu direncanakan pada Maret 2021. Dan untuk persiapan kita menyiapkan vaksinator atau petugas vaksin di lima puskesmas tersebut,”ujar Sekretaris Dinkes Kota Batu, dr Yuni Astuti, Selasa (5/1).

Jadi akan ada lima vaksinator yang bertugas di lima puskesmas. Dengan kata lain di setiap puskesmas ditempatkan satu petugas vaksinator. “Adapun untuk teknis nantinya satu kali sesi butuh waktu 2 jam untuk 20 sasaran dengan petugas 5 orang,” jelas Yuni.

Dalam pelaksanaan vaksinasi, akan ada sembilan fasilitas kesehatan yang ditunjuk sebagai tempat vaksinasi Covid-19 untuk Kota Batu. Dan pelayanan vaksin dilakukan di luar jam kerja dengan diawasi satu dokter di masing- masing tempat.

Kemudian untuk alurnya, penerima vaksin harus datang ke tempat pendaftaran, kemudian anamnesa, pelayanan imunisasi, pencatatan dan terakhir dilakukan observasi. Dan sesuai dengan prioritas penerima vaksin pertama adalah adalah penduduk sehat yang pekerjaannya beresiko tertular Covid-19. Prioritas awal yaitu petugas kesehatan, TNI/Polri, pelayanan publik, BPJS penerima bantuan iuran. Untuk Kota Batu, mereka yang masuk prioritas pertama dari petugas nakes mencapai 785 orang.[nas]

Tags: